Tips Memilih di Antara Beberapa Pilihan

Beruntunglah Anda yang saat ini memiliki beberapa tawaran pekerjaan. Ketika berbagai tawaran datang, pikirkan secara matang, karena pilihan karir termasuk dalam salah satu pengambilan keputuan yang critical dalam kehidupan seseorang.

Di bawah ini ada beberapa tips dari Forbes.com yang dapat membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan.

1. Jabarkan (Brainstorm)

Pertama, duduklah dan pikirkan segala hal yang menurut Anda penting dalam suatu pekerjaan/karir. Daftar ini dapat memuat hal-hal seperti: kesempatan untuk dipromosikan, gaji, struktur komisi, budaya perusahaan, jenis pekerjaan, besarnya kontrol terhadap proyek yang akan Anda kerjakan, stabilitas perusahaan, kesempatan mendapatkan bonus, asuransi kesehatan, jam kerja, kesempatan bepergian dan sebagainya.

2. Prioritaskan (Prioritize)

Dari beberapa aspek yang sudah kita jabarkan, kita susun daftarnya mulai dari yang tingkat kepentingannya paling tinggi. Dari sekian banyak aspek, bisa kita pilih 5 atau 7 item teratas dari daftar. Item-item tersebut akan mendapatkan bobot paling besar dalam penilaian akhir.

3. Analisa (Analize)

Setelah memprioritaskan, langkah selanjutnya adalah menganalisis cost dan benefit dari masing-masing aspek. Pikirkan masak-masak setiap kriteria dan pilihlah pekerjaan yang paling mendekati kualifikasi yang kita inginkan.

Dengan melakukan analisis, tentunya kita akan mendapat gambaran lebih jelas mengenai peluang mana yang kira-kira lebih unggul dibanding yang lain. Jika kita tidak memiliki cukup informasi mengenai kedua perusahaan, kita bisa menanyakan kepada kenalan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut atau browsing di internet. Dan yang pasti, setiap keputusan yang kita ambil adalah mengandung risiko. Bukan berarti kita harus ragu-ragu menghadapi itu, tetapi menjadikan risiko itu sebuah tantangan untuk berperforma lebh baik lagi.

Tags: ,