10 Tips Membangun Profil yang Kuat

Pada kesempatan peluncuran versi Bahasa Indonesia-nya belum lama ini, Linkedin juga memberikan 10 tips untuk membangun profil diri yang kuat. Berikut ini adalah tips yang disampaikan langsung oleh situs jejaring profesional terbesar di dunia itu.

Linkedin adalah tentang hubungan, tetapi sebelum kita semua dapat terhubung, kita akan melihat terlebih dahulu kesamaan apa yang kita miliki. Itu adalah kunci untuk menggabungkan sebuah profil untuk memulai percakapan. Anggaplah profil Anda merupakan sarana untuk mempromosikan citra Anda—permalink profesional, tempat di web untuk mempromosikan keahlian, pengetahuan, dan kepribadian Anda. Citra dan kepercayaan dibangun dengan menggunakan pendapat nyata dan cerita yang dapat dipercaya. Berikut ini 10 tips yang dapat membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari Linkedin:

1. Jangan jiplak CV Anda

Linkedin menghubungkan Anda ke sebuah jaringan, tidak hanya ke departemen sumber daya manusia. Anda tidak akan memberikan CV sebelum memperkenalkan diri, jadi jangan lakukan hal tersebut di sini. Gambarkan pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki seakan-akan Anda bertemu dengan orang baru. Menulislah di layar, dengan salinan singkat berikut petunjuk visual atau tekstual. Tambahkan foto agar orang dapat mengenali Anda.

2. Pinjamlah dari pemasar terbaik

Bangun profil Anda dengan suara Anda. Gunakan kata sifat, beragam kata kerja, konstruksi aktif (“mengatur tim proyek,” bukan “bertanggung jawab atas manajemen tim proyek”). Berlaku sewajarnya: jangan menulis dari sudut pandang orang ketiga kecuali hal itu cocok dengan citra Anda. Bayangkan diri Anda di dalam sebuah konferensi atau rapat dengan klien. Bagaimana Anda memperkenalkan diri? Itu adalah suara asli Anda, jadi gunakan hal itu.

3. Tulislah tagline Personal

Deretan di bawah nama Anda? Itu akan menjadi hal yang pertama kali dilihat orang pada profil Anda. Kata-kata ini akan muncul tepat setelah nama Anda di bagian pencarian. Tagline ini akan menjadi merek/citra diri Anda. (Catatan: alamat e-mail bukanlah sebuah merek!) Bisa jadi nama perusahaan Anda sangatlah besar sehingga hal tersebut (bersama jabatan Anda sudah cukup menjelaskan. Atau Anda mungkin perlu untuk merangkum kepribadian profesional Anda dalam kata-kata yang lebih menarik, sesuatu yang dapat menjelaskan diri Anda hanya dalam beberapa kata.

4. Taruhlah elevator pitch Anda untuk bekerja

Kembalilah pada perkenalan diri saat konferensi. Penjelasan 30 detik yang merupakan esensi tentang jati diri Anda dan apa yang Anda kerjakan adalah sebuah elevator pitch personal Anda. Bayangkan jumlah waktu yang Anda habiskan dalam sebuah lift untuk berpindah lantai, dalam durasi tersebut Anda harus bisa selesai menjelaskan. Gunakanlah penjelasan tersebut di bagian ringkasan untuk menarik pembaca. Anda memiliki 5—10 detik untuk menarik perhatian mereka. Semakin bermakna ringkasan Anda, semakin banyak waktu yang akan Anda dapatkan dari para pembaca.

5. Tonjolkan kemampuan Anda

Pikirkan tentang bidang spesialisasi guna mengoptimalkan pencarian diri. Ini merupakan sebuah cara untuk menyaring bagaimana orang lain akan mencari dan mengingat Anda. Bagian yang mudah dicari ini adalah terletak pada penggunaan istilah industri dari resume Anda. Selain itu: kemampuan dan ketertarikan tertentu dapat menjadi nilai tambah yang Anda bawa dalam kinerja profesional Anda. Bahkan sebuah humor atau semboyan akan dapat menunjukkan kemampuan.

6. Jelaskan pengalaman Anda

Bantu para pembaca menangkap poin utama: jelaskan dengan singkat hal-hal yang dilakukan perusahaan dan hal-hal yang Anda lakukan untuk perusahaan tersebut. Bayangkan diri Anda berada dalam sebuah konferensi. Setelah Anda memperkenalkan diri, bagaimana Anda menjelaskan hal yang Anda kerjakan, apa yang perusahaan Anda lakukan? Gunakan frase yang jelas dan singkat—dan dibagi menjadi bagian yang mudah dicerna secara visual.

7. Bedakan diri Anda dengan orang banyak

Gunakan bagian Additional Information untuk melengkapi profil Anda dengan beberapa hobi dan minat. Tambahkan situs yang menunjukkan kemampuan dan kegemaran Anda. Kemudian, edit label “My Website” untuk mengalirkan pengunjung ke situs pribadi Anda (Aliran pengunjung ini akan memperoleh peringkat di halaman Google dan meningkatkan visibilitas dari situs tersebut). Mungkin Anda bergabung dalam asosiasi perdagangan atau grup dengan ketertarikan tertentu; informasi tentang hal tersebut akan mempermudah anggota lainnya untuk dapat menemukan Anda. Jika Anda seorang pemenang penghargaan, Anda akan dikenali oleh teman, pelanggan, atau atasan, tingkatkan gengsi tanpa terkesan memamerkan dengan mencantumkannya dalam daftar tersebut di sini.

8. Bertanya dan menjawab pertanyaan

Pertanyaan yang bijaksana dan jawaban yang berguna dapat membangun kredibilitas Anda. Jawaban dan pertanyaan terbaik memberikan alasan bagi orang untuk melihat profil Anda. Buat beberapa poin dalam menjawab pertanyaan di sebuah kolom, membangun keahlian, tingkatkan visibilitas, dan yang terpenting, bangun modal sosial dengan orang-orang di jaringan Anda—bisa jadi Anda mungkin harus menjawab pertanyaan Anda sendiri pada akhirnya.

9. Tingkatkan Google PageRank Anda

Hargailah diri sendiri dan orang lain. Dapatkan rekomendasi dari rekanan, klien, dan atasan yang dapat memberikan testimoni tentang kemampuan dan kinerja Anda. (Berpikir kualitas, bukan kuantitas) Ajak mereka untuk fokus pada keahlian tertentu atau kepribadian utama yang membentuk opini mereka tentang Anda. Buatlah komentar yang berarti pada saat Anda merekomendasikan orang lain. Dan jangan cuma sejenis—keragaman akan membuat daftar rekomendasi Anda terasa lebih nyata.

10. Bangun koneksi Anda

Koneksi adalah salah satu aspek terpenting dari merek/citra Anda: perusahaan yang Anda pegang merefleksikan kualitas merek Anda. Apa yang terjadi bila Anda memindai sebuah profil dan melihat bahwa ia terhubung dengan profil lain yang juga terhubung dengan Anda? Tentunya Anda akan lebih menghargai Profil tersebut. Nilai dari kesamaan tersebut berlaku dua arah. Jadi, bangun koneksi Anda dengan profil yang akan meningkatkan kredibilitas dan membangun citra positif.

 

Tags: , ,