Engagement, Masih Jadi Tantangan Tertinggi HR 2016

Engagement pekerja ternyata masih menjadi issue yang paling populer diantara para praktisi HR. Hal ini diungkapkan berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Society for Human Resource Management. Sebanyak 38% responden menyatakan bahwa menjaga tingkat engagement pekerja agar tetap tinggi merupakan tantangan terbesar yang dihadapi mereka saat ini. Pengembangan pemimpin generasi baru (31%) dan mempertahakan kompensasi yang kompetitif (29%) menjadi tantangan terbesar di peringkat kedua dan ketiga bagi para praktisi HR.

team-386673_640

(Image: Pixabay)

Dalam fungsi HR sendiri sebanyak 69% para praktisi HR professional mengungkapkan bahwa menjalankan proses HR secara efisien dengan sumber daya yang minim merupakan tantangan terbesar bagi mereka. Perpindahan kepemimpinan dari transaksional ke arah transformasional (44%), hukum yang semakin kompleks (41%) dan menciptakan infrastruktur HR yang efektif (35%) juga menjadi tantangan berikutnya bagi para praktisi HR.

Terdapat beberapa faktor penting bagi fungsi non-HR yang menentukan keberhasilan organisasi mereka dalam meraih tantangan yang berkaitan dengan HR, yaitu:

  1. Kekuatan dan efektivitas kepemimpinan HR (23%)
  2. Kekuatan kompetensi bagian HR (21%)
  3. Kekuatan dan efektivitas kepemimpinan organisasi (20%)