Your Job is Not Your Career

 

Coba tanyakan kepada diri Anda, “Untuk apakah saya bekerja?” Apakah alasan uang, ibadah, keluarga, atau bahkan hanya sekedar mengisi waktu luang?

 

 

Your Job is Not Your Career merupakan sebuah statement pencerahan pikiran “setidaknya begitulah yang dirasakan- yang dituangkan dalam bentuk paket buku 2in1, terhadap para pekerja yang memiliki persepsi konvensional mengenai pekerjaan dan karir mereka. Rene Suhardono, seorang CareerCoach sekaligus partner pada Amrop Hever Indonesia, sebuah perusahaan Business Advisors dan Executive Search, seakan dapat membaca ke-“labil”-an jutaan karyawan yang sehari-hari bertanya, Sebenarnya apa sih yang saya kerjakan ini?

 

 

Buku ini pada dasarnya membahas perbedaan antara Job (Pekerjaan) dengan Career (Karir). Job sebenarnya hanyalah sebuah sarana yang dapat membawa kita ke satu tempat yang kita kehendaki. Sedangkan, Career sepenuhnya adalah hidup kita dan perjalanan itu sendiri! Career menggandeng erat urusan passion, tujuan hidup individu, values, ketercapaian, dan salah satu yang paling penting dalam hidup: fulfillment and happiness!

 

 

Dalam buku ini, Rene meneriakkan secara halus dan bersemangat bahwa setiap individu harus dapat mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa keunikan dan passion yang mereka miliki. Dan, menghilangkan keraguan atas arah karir dengan tujuan agar kelak pekerjaan yang digeluti dapat dilakukan dengan bahagia, iklas dan sepenuh hati. Menurut saya buku ini dapat dijadikan sebagai referensi bercermin bagi individu perorangan (masyarakat luas) maupun praktisi SDM serta perusahaan agar mereka dapat lebih membuka mata akan kenyataan bahwa kegiatan apa pun itu harus dilakukan oleh talent dengan passion yang tepat dan kuat.

 

 

Selain sukses meraup respon Bener juga ya…jadi selama ini….?, Rene pun secara eksplisit mengubah perlahan pola pikir pembaca untuk introspeksi. Tepat seperti judul buku keduanya dalam paket ini, Career Snippets: Embrace Your Passion (kenali, gali, dan selami lebih jauh passion Anda), Live a Life of Action (ambil selangkah lebih maju, beranikan hidup dalam dunia penuh aksi dan tantangan), Build Our Nation (dengan menjadi pribadi yang tahu benar potensi diri,˜membangun dunia akan terasa lebih mudah).

 

 

Jadi, apakah passion Anda?