Terampil Berbicara di Depan Publik

Selebriti identik dengan public speaking, tapi public speaking bukan hanya milik selebriti, setiap manusia memiliki kesempatan untuk berbicara.

Kalimat di atas dikutip dari pembuka buku Charles Bonar Sirait (CBS) yang berjudul The Power of Public Speaking. Sepertinya buku ini memang merupakan proyek idealis CBS untuk membagikan ilmunya di dunia public speaking.

Saat pertama kali melihatnya di toko buku, sempat terbersit jangan-jangan buku ini hanya proyek ikut-ikutan tren, karena saat ini sedang tren para selebritis menulis buku. Tetapi, setelah membaca buku ini, pandangan itu pudar karena buku ini terlihat digarap dengan sangat serius.

Buku ini merupakan perpaduan yang apik antara teori dan pengalaman CBS dalam dunia public speaking yang telah dimulai sejak 1993. Dalam buku ini, dia membahas berbagai aspek dan kiat sukses dalam praktik berbicara di depan publik. Dari soal teknik pernapasan hingga intonasi, beserta berbagai contoh naskah pidato untuk berbagai acara.

Sebagai sebuah panduan, buku ini sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar lebih mendalam tentang public speaking, yang sesuai dengan pakem yang baku. CBS banyak mengkritik para presenter atau MC otodidak, dan tidak mempunyai dasar yang baik tentang public speaking.

Pengalaman CBS yang sangat luas di dunia public speaking akan sangat memperkaya pengetahuan Anda tentang hal ini. Buku ini adalah buku yang membahas tentang public speaking yang paling komprehensif dibandingkan buku-buku lainnya, misalnya buku yang pernah ditulis oleh Larry King atau pun Rhenald Kasali.

Bagaimana pun setiap orang memang perlu untuk belajar mengenai public speaking. Apabila Anda seorang manajer, maka Anda harus memimpin rapat. Apabila Anda seorang konsultan, maka Anda perlu presentasi ke klien. Bahkan, Anda perlu mengetahui public speaking misalnya saat Anda diminta menjadi MC di acara keluarga.

Sayangnya, buku ini hanya membahas public speaking dari sisi pengalamannya sebagai MC, presenter TV dan penyiar radio. Pembahasan mengenai presentasi bisnis hampir tak tersentuh sama sekali. Tapi, secara umum buku ini merupakan referensi yang sangat lengkap mengenai public speaking.

Siapa tahu saja, Anda tertarik menjadi MC seperti CBS? Paling tidak untuk acara-acara di perusahaan Anda.