Satu Karier Saja Tidak Cukup

Identitas tunggal yang tetap sangat membahayakan sekarang ini. Identitas semacam itu hanya akan membuat kita rentan terhadap berbagai perubahan mendadak yang terjadi dalam situasi ekonomi. Mereka yang paling sukses dan sehat di antara kita sekarang ini mengembangkan berbagai identitas, yang mereka atur secara bersamaan, yang bisa mereka jadikan tempat bergantung ketika keadaan berubah. Riset terkini juga menyatakan bahwa mengembangkan identitas berganda adalah salah satu penyangga teraman yang bisa kita canangkan dalam melawan penyakit mental dan fisik.

Paragraf di atas dikutip dari buku One Person, Multiple Career, Maksimalkan Kebahagiaan Anda dengan Karier Ganda (Marci Alboher, 2008). Marci Alboher, seperti tertulis dalam sampul buku terjemahan Arfan Achyar ini, adalah seorang kolumnis, blogger, dan penulis. Sesuai dengan dirinya sendiri yang multi profesi, Marci menyatakan bahwa satu karier saja tidak cukup. Dia menyarakankan apa yang disebut “slash career” (karier sampingan) sebagai salah satu penyangga teraman dalam kondisi perekonomian yang terus berubah seperti saat ini.

Mengawali bukunya yang menarik ini, Marci mengetengahkan mengenai Slash Mind-set yang perlu dimiliki agar seseorang sukses melakukan slash career. Dia mencontohkan beberapa orang yang sukses melakukan slash. Di antaranya Dan Milstein, 39 tahun, seorang programmer yang juga sutradara teater; Mary Mazzio, 44 tahun, seorang atlet dan juga pengacara/pembuat film/ibu; Carrie Lane, 39 tahun, seorang instruktur senam pilates dan konsultan seni, dan masih banyak lagi. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah mereka.

Kebanyakan slash memiliki jiwa pengusaha pada inti kisah-kisah mereka. Mereka ini adalah orang-orang yang tidak akan puas beristirahat begitu mereka mencapai tingkat kompetensi atau pencapaian di sebuah bidang tertentu. Pada dasarnya, mereka selalu ingin tahu, ingin melibatkan diri dan menenggelamkan diri mereka dalam berbagai area.

Setelah memperkenalkan berbagai individu yang mengembangkan slash career dan bagaimana pandangan terhadap karakter dan pola umum berbagai slash, pada bagian kedua Marci fokus pada aspek praktis dalam sebuah slash life. Seperti, bagaimana mempresentasikan diri Anda kepada orang lain, bagaimana mengambil manfaat dari berbagai sinergi antar-slash, bagaimana menghadapi tempat kerja abad ke-21, bagaimana mengatasi overload dan omongan negatif yang sering menjadi penghambat slash, dan pertimbangan khusus bagi para slash yang juga sebagai orangtua.

Buku ini siap menjadi panduan Anda yang akan menuju jalur slash. Tidak hanya sukses secara materi, keberhasilan seorang slash juga membuat kehidupannya menjadi lebih kaya dan bermakna. Dan akhirnya, seperti dinasihatkan Marci, terkadang menarik diri dari kehidupan yang serba cepat, atau mungkin memperlambat tempo aktivitas merupakan cara ideal untuk memunculkan hasrat atau pekerjaan lain. Selamat melakukan slash!