Ruang Masa Depan Bagi Siapa Pun

Sejauh ini, belum ada kata sepakat dalam mendefinisikan profesi SDM. Kebanyakan orang hanya ngeuh bahwa profesi ini pekerjaannya adalah menjalankan rutinitas administrasi. Para praktisi SDM menyebutnya sebagai ahli administrasi (admin expert).

Di sisi lain, perkembangan profesi SDM tak terelakkan. Bidang ini bukan melulu bicara tentang administrasi karyawan. Bahkan, di banyak perusahaan, orang SDM tidak lagi mengurus gaji karyawan. Tapi berkembang signifikan menuju pemberdayaan SDM sebagai aset penting perusahaan.

Ya, setiap orang memiliki sumber daya, sebut saja sumber daya fisik, keterampilan, pemikiran, dan lain-lain. Termasuk para praktisi SDM yang mendedikasikan dirinya di bidang ini. Namun, bagaimana cara mengembangkan dan menavigasi profesi SDM. Itulah yang bisa ditemukan di dalam buku berjudul Future (Menavigasi Profesi SDM, Sebuah Rekam Jejak) ini.

Rekam jejak Maria Theodora Kurniawati, seorang praktisi SDM yang sudah malang-melintang di dunia SDM selama 25 tahun, dinarasikan secara deskriptif oleh Rina Suci Handayani. Kayak novel, begitu komentar seorang pembaca yang berprofesi sebagai pengusaha. Walaupun terkesan seperti membaca novel, konten Future tetap mengarah kepada pembangunan karakter dan SDM.

Menjalani profesi SDM selama puluhan tahun, bagi Maria sendiri adalah panggilan hati. Ia memahami SDM bukan sekadar aktivitas administrasi semata, tetapi profesi yang ia pandang mulia.

Saya bangga menjadi orang SDM,ujarnya menegaskan. Setidaknya, di buku ini Maria ingin membagi kebahagiaannya sekaligus mengungkap praktik terbaik (best practice) yang pernah ia lakukan selama ini. Terutama, sebagai Kepala Departemen SDM PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.

Maria menyadari, tidak semua orang berkesempatan menuliskan rekam jejaknya. Lewat Future, ia berpendapat, kebahagiaan dan masa depan adalah pilihan. Ia yakin, semua orang bisa memilih masa depannya dan menavigasi diri sendiri. Bagi Maria, profesi SDM sangat dekat dengan pengembangan diri dan mampu memacu kematangan karakter. Menurutnya, profesi ini sangat strategis dalam berbagai bidang.