Pegangan HR untuk Para Line Manager

Tantangan bisnis dewasa ini menuntut perusahaan semakin memperhatikan manajemen HR untuk dapat memenangkan persaingan. Karena itu, tugas-tugas strategis HR seperti meretensi karyawan, meningkatkan produktivitas dan pelayanan kepada pelanggan semakin disebar kepada para line manager dan tidak terpusat pada departemen HR saja. Departemen HR pun menyadari pentingnya memberikan pelatihan fungsi-fungsi HR kepada para line manager. Kendati demikian, kenyataannya tidak banyak perusahaan yang melakukannya.

Line manager memang tidak perlu mendalami ilmu HR seperti halnya seorang praktisi HR, namun setidaknya harus memahami fungsi-fungsi HR yang mendasar. Dalam buku ini, fungsi HR yang paling utama dibagi menjadi tantangan internal dan tantangan eksternal. Tantangan internal meliputi analisis jabatan, perencanaan HR, sistem informasi HR, rekrutmen pegawai, penilaian kinerja, pelatihan dan pengembangan, serta masalah disiplin karyawan dan kompensasi. Sedangkan, tantangan eksternal meliputi isu etikal dan legal, tantangan global, hubungan perburuhan, persyaratan keamanan kerja dan kesehatan, serta isu manajerial.

Semua fungsi utama tersebut dikupas satu per satu untuk memberikan gambaran umum yang cukup lengkap. Dengan buku ini sebagai pegangan, seorang line manager dapat mendukung HR melakukan tugasnya, seperti menyusun analisa jabatan dan uraian jabatan, rekrutmen, penilaian kinerja, bahkan berhadapan dengan masalah hukum dan perburuhan. Sebagai sebuah buku pegangan (handbook), dalam setiap pembahasan topik di atas, dilengkapi dengan masalah yang sering dihadapi dan juga contoh form atau pun tools yang dibutuhkan. Misalnya, cara menyusun job description berikut contohnya.

Buku yang ditulis Jeffrey S. Hornsby dan Donald F Kuratko pada 2005 ini juga dilengkapi lampiran yang sangat bermanfaat, yaitu Guidelines-Oriented Job Analysis Questionnaire (GOJA), Performance Appraisal Instrument, contoh Employee manual, dan Safety Handbook. Dengan terlebih dahulu diadaptasi ke dalam budaya dan peraturan di Indonesia, buku ini dapat membantu para line manager untuk mendukung pekerjaan HR.