Merevolusi Sistem, Mendongkrak Motivasi

Buku ini berhasil menyedot perhatian dan menjadi perbincangan banyak orang. Penulisnya, Tung Desem Waringin, memang menciptakan efek word of mouth dengan cara yang sensasional yaitu menyebar uang senilai seratus juta rupiah dari atas helikopter untuk menandai peluncurannya. Lalu, bagaimana dengan isi bukunya sendiri? Apakah sesensasional kampanye promosinya?

Buku ini memang sangat memotivasi pembacanya. Terutama bagi Anda yang menggeluti bidang penjualan (baca: salesman) dan kaum pebisnis, buku ini memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat produk Anda laku di pasar dan dicari konsumen. Pendekatan yang dilakukan memang sebagian besar didominasi gaya hardselling, walaupun Tung juga memberikan beberapa tips bagaimana menarik perhatian media dan memperoleh publikasi gratis.

Lalu, apa relevansinya bagi Anda para praktisi HR untuk membaca buku ini? Ada beberapa catatan penting dari buku ini yang mungkin sangat berguna bagi para praktisi HR. Pertama, Tung Desem Waringin adalah seorang motivator yang hebat. Cara dia menulis buku ini membuat orang yang membacanya jadi termotivasi dan semakin bersemangat.

Kedua, kalau diperhatikan dengan seksama beberapa bagian dari buku ini sengaja diulang, untuk membuat pesan yang ingin disampaikan mengena dan menancap di dalam otak. Ketiga, bahasa yang digunakan adalah bahasa percakapan sehari-hari. Ini memudahkan pembaca untuk mengerti inti pesan yang ingin disampaikan. Hal-hal tersebut tentunya sangat penting bagi para praktisi HR untuk mampu berkomunikasi terutama secara tertulis dengan baik, sesuai lingkup peran dalam mengelola dan memotivasi karyawan.

Keempat, Tung dalam bukunya ini selalu menekankan pentingnya sistem bagi perusahaan, yang harus selaras dengan tujuan individual masing-masing karyawan. Pada dasarnya setiap manusia itu egois, sehingga keberadaan sebuah sistem harus bisa menjawab pertanyaan, “Apa yang akan saya dapatkan bila melakukan sesuatu? Dalam bahasa yang keren ini disebut sebagai Management Control System.

Di samping hal-hal yang telah diuraikan di atas, buku ini relevan untuk dibaca orang HR karena Tung memberikan banyak contoh konkret bagaimana menerapkan sistem insentif bagi karyawan yang pada gilirannya akan menguntungkan perusahaan. Dengan sebuah sistem yang “win win solution”, maka tanpa harus diawasi pun para salesman akan bekerja sangat produktif karena itu menyangkut kepentingan pribadi mereka juga.