Mencapai Sukses dengan Sedikit Saja Stres

Mari kita awali dengan kisah seorang “pemimpin nyentrik” di sebuah perusahaan telepon seluler terkenal di AS. Sebagai seorang eksekutif top di bidangnya, wanita ini sangat didengar oleh manajeman senior dan dihormati para karyawannya. Namun, walaupun kemampuannya luar biasa, jalurnya ke puncak karier tidaklah mudah. Setelah debutnya yang cemerlang, ia tersangkut di level manajemen madya pada akhir usia 30-an, gagal mendapatkan promosi yang diinginkan.

Jadi, apa yang berubah? Eksekutif tersebut menyadari bahwa satu hal yang tidak dilakukannya adalah memainkan peran yang ia inginkan. Ramping dan mungil, mengenakan rok dan blus dengan warna lembut, ia tidak “dibaca” sebagai seorang eksekutif yang kuat. Segera setelah menyadarinya, ia mulai memakai seragam korps eksekutif warna berani dan blazer dengan busa bahu dan orang mulai memandangnya lain. Pahlawan wanita kita menaiki jenjang karier dengan cepat, dan meraih pekerjaan impiannya sebelum usia 50.

Kisah inspiratif tersebut hanyalah satu dari sekian banyak kisah-kisah lain yang dituturkan kembali oleh Dr. Karen Otazo dalam bukunya, The Truth about Managing Your Career and Nothing but the Truth. Buku yang terbit pertama kali pada 2006 lalu itu kini hadir dalam edisi Bahasa Indonesia lewat terjemahan yang bagus dari P.A Lestari, S.E dengan judul Kebenaran tentang Mengelola Karier Anda.

Karen memaparkan 60 kebenaran yang dikelompok-kelompokkan secara kronologis ke dalam XII bagian, dari kebenaran tentang memulai pekerjaan baru di Bagian I hingga proses-proses selanjutnya tentang bekerja dengan atasan, pembentukan jaringan, menyelesaikan pekerjaan hingga peningkatan karier. Benang merahnya cukup jelas, bahwa Karen sedang menegaskan kepada kita, mengelola karier itu ada tekniknya, dan inilah prinsip-prinsipnya yang benar.

Namun, kalau kata “benar” atau “kebenaran” terasa terlalu abstrak bagi Anda, toh masih ada satu kepastian yang bisa Anda pegang: inilah buku panduan yang mampu menjangkau kebutuhan pada semua level karier. Anda yang baru selesai kuliah dan tengah bersiap memasuki dunia kerja hingga Anda yang sudah duduk di kursi-kursi eksekutif bisa mengambil manfaat yang sama dari buku ini. Karen memberikan teknik-teknik yang sederhana untuk mengembangkan cara berpikir, perilaku dan pendekatan paling efektif terhadap dunia kerja yang penuh persaingan dan tak jarang tricky.

Banyak kebenaran yang diungkapkan Karen di sini yang barangkali sudah pernah kita dengar berkali-kali dari orang lain, di tempat lain. Tapi, selalu, masalahnya adalah apakah kita benar-benar menyadarinya? Mungkin karena cara penyampaiannya yang santai, bergaya kolom, plus ilustrasi-ilustrasi yang kaya dari dunia budaya pop, hal-hal yang sebenarnya tidak baru menjadi seperti menghentak kesadaran. Sehingga, untuk pertama kalinya kita tidak bisa lagi menganggapnya sepele.

Keunggulan lain buku ini terletak pada pemilahan topik-topik pembahasannya yang sedemikian rupa, sehingga tidak membebani pembaca. Setiap prinsip atau teknik dipaparkan 3-4 halaman saja, dan kita bisa membacanya dari bagian mana saja, sesuai kebutuhan. Pada saat yang lain, kita bisa membacanya lagi bagian yang berbeda ketika kebutuhan kita berubah. Membaca setiap bagian dari buku ini tak ubahnya mengikuti sesi pelatihan yang penuh tips untuk sukses dalam bisnis, yang disampaikan oleh seorang trainer berpengalaman internasional. Salah satu hal penting yang ditekankan sang pelatih adalah sikap proaktif.

Buku ini bisa diperlakukan sebagai atlas. Di mana pun posisi Anda dalam jenjang karier, Anda dapat memakai tips-tips dan kebenaran di dalamnya untuk mencapai tujuan. Dan, layaknya sebuah atlas, buku ini juga berisi peringatan berbagai bahaya yang dapat memperlambat kemajuan Anda atau bahkan menyingkirkan Anda. Jika meniti karier bisa diibaratkan sebagai sebuah perjalanan panjang, buku ini hadir sebagai pemandu untuk melalui rute tercepat dan paling lancar, sehingga Anda bisa mencapai sukses dengan sedikit saja stres.