Memahami Dasar-dasar Kompetensi

Kompetensi menjadi salah satu istilah yang paling sering didengar belakangan ini, terutama di kalangan HR. Banyak perusahaan saat ini menerapkan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi. Kata ini pun kemudian dibicarakan secara luas tidak hanya di kalangan HR, melainkan juga di luar HR. Namun, setiap kali orang-orang membicarakan kompetensi, belum tentu definisi kompetensi yang mereka maksud itu sama.

Buku ini hadir untuk mengisi kekosongan literatur asli Indonesia yang membahas soal kompetensi. Dua orang penulisnya merangkum berbagai literatur asing tentang kompetensi dan dipadukan dengan pengalaman mereka sebagai konsultan HR di berbagai perusahaan besar. Hasilnya, sebuah buku yang cocok dijadikan sebagai pegangan bagi siapa pun yang ingin mempelajari dasar-dasar kompetensi.

Pengertian, jenis dan sejarah perkembangan kompetensi dihadirkan pada bagian awal buku untuk menyamakan persepsi pembaca tentang kompetensi yang dimaksud. Setelah itu, penulis juga memberi gambaran tentang standar kompetensi dan kamus kompetensi, dua hal yang penting diketahui dan harus bisa disusun oleh divisi HR.

Di samping itu, penulis juga menghubungkan kompetensi dengan konsep-konsep HR yang lain, seperti emotional intelligence, knowledge management, dan human capital. Karena kompetensi digunakan dalam konteks organisasi, maka berbagai teori organisasi juga dikaitkan dengan kompetensi, seperti manajemen organisasi dan budaya perusahaan.

Pada bab delapan, secara khusus penulis membahas mengenai pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi, mulai dari sistem rekrutmen, remunerasi, manajemen karir dan penilaian karyawan yang berbasis kompetensi. Pada bagian terakhir buku ini penulis mengetengahkan beberapa kasus singkat di sejumlah perusahaan yang disamarkan nama-namanya.

Buku yang ditulis dengan bahasa ‘text book’ ini memang cocok sebagai buku pengantar bagi mahasiswa S1 atau S2 jurusan manajemen sumber daya manusia, atau mahasiswa jurusan lain yang ingin mendalami kompetensi. Tapi, Anda para manajer, dan khususnya Anda yang bekerja di bidang pengelolaan SDM, buku ini cukup untuk memberikan gambaran mengenai dasar-dasar kompetensi yang dapat menunjang pekerjaan Anda.