Kumpulan Wawasan tentang Budaya Perusahaan di Indonesia

Budaya perusahaan yang pernah menjadi wacana utama bisnis pada era 1980-an ternyata masih menjadi topik hangat yang mampu menarik perhatian banyak orang di masa kini.

Red Piramid, sebuah perusahaan konsultasi bisnis berhasil memanfaatkan peluang ini dengan menggelar Corporate Culture Festival beberapa saat yang lalu. Acara yang mengumpulkan pembicara dari praktisi, akademisi, maupun konsultan ini berhasil menarik peserta hingga melebihi target yang direncanakan oleh panitia.

Pada acara yang sama, diluncurkan buku berjudul Corporate Culture: Challenge to Excellence. Buku ini berisi kumpulan pemikiran, wawasan dan inspirasi tentang budaya perusahaan yang disampaikan oleh para pakar serta praktisi perusahaan-perusahaan unggul di Indonesia. Sebagian besar di antara mereka adalah pembicara dalam acara Corporate Culture Festival tersebut.

Sebanyak 23 artikel dari para pakar budaya perusahaan itu dibagi menjadi 5 bagian. Pertama, Budaya Perusahaan dan Kinerja, yang berisi tulisan dari, antara lain, Herry Tjahjono, Erwin Tenggono, Sudhamek AWS dan Herris B. Simandjuntak.

Bagian kedua diberi judul Visi, Misi, dan Identitas, berisi tulisan dari, antara lain, A.M Lilik Agung.Bagian ketiga berjudul Budaya Perusahaan dan Kepemimpinan, berisi tulisan dari, antara lain, Dr. Djokosantoso Moeljono.Bagian keempat Budaya Perusahaan dan Perubahaandiisi oleh, antara lain Budi W. Soetjipto dan Agung Adiprasetyo.Bagian Kelima Budaya Perusahaan Pasca-Merger antara lain berisi tulisan dari Dr. Ningky Munir dari PPM dan J. Amri Daulay.

Sebuah usaha antalogi yang patut dihargai, meskipun hasilnya belum sempurna. Editor mengakui dalam pengantar buku bahwa buku ini dipersiapkan hanya dalam waktu kurang dari dua minggu. Meskipun begitu, karena ditulis oleh para pakar budaya perusahaan dari berbagai industri, buku ini cukup memberi wawasan dan pengetahuan tentang budaya perusahaan yang dipraktikkan di Tanah Air.