Kisah-kisah Kebijaksanaan China Klasik

 

Cerita-cerita sederhana mengenai kehidupan sehari-hari pada masa lampau, banyak yang bisa direnungkan dan dipetik hikmahnya untuk diterapkan dalam kehidupan saat ini. Ibarat harta karun yang tak habis digali, kisah-kisah klasik ini diturunkan dari generasi ke generasi melalui cara bercerita lisan.

 

 

Melalui buku “Kisah-kisah Kebijaksanaan China Klasik” atau judul aslinya “Victor’s Reflections and Other Tales of China’s Timeless Wisdom for Leaders” Michael C. Tang mencoba mengumpulkan sebagian dari harta karun itu untuk dinikmati oleh kalangan yang lebih luas. Penulis adalah seorang wirausahawan sukses kelahiran Shanghai yang melewatkan masa mudanya di China pada masa pemerintahan Mao Zedong.

 

 

Pada tahun 1968 ketika berlangsungnya “Revolusi Kebudayaan” yang terkenal itu, pemerintah Mao Zedong menyingkirkan siapa saja yang dicurigai tidak setia kepadanya dan melenyapkan segala yang berpotensi menggoyahkan kekuasaannya. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi ditutup. Rumah-rumah digeledah untuk mencari buku-buku yang dianggap membahayakan ideologi bangsa.

 

 

Dalam kondisi negara seperti itu, pendidikan untuk diri sendiri (di luar Maoism) diperoleh dengan susah payah. Dengan sembunyi-sembunyi, penulis mendapatkan kesempatan membaca buku-buku klasik seperti Analects karya Konfusius dan karya-karya agung China lainnya, seperti Intrigue of the Warring States, Chronicles of the Three Kingdoms, dan Tales from the Ming Dynasty, di bawah pengawasan kakeknya yang adalah seorang sarjana karya-karya Klasik.

 

 

Ketika penulis hijrah dan bekerja di Amerika, dia menemukan semua nilai-nilai praktis kebijaksanaan yang sejak dulu menancap kuat pada dirinya, bisa diterapkan dalam dunia bisnis. Hal itulah yang mendorong penulis mengumpulkan “tabungan”nya di masa muda itu dalam buku ini, dan tidak hanya menuturkan kisah-kisah itu saja, penulis menambahkan interpretasinya sendiri berdasarkan pengalamannya.

 

 

Buku ini bukan buku cerita yang dibaca sekaligus kemudian disimpan. Buku ini cocok untuk ditempatkan di rak buku di sisi meja kerja Anda, untuk dibaca-baca lagi ketika Anda membutuhkan inspirasi. Berbagai cerita menarik yang berhubungan dengan kebijaksanaan, pendidikan, kepemimpinan, manajemen, bakat dan sikap, nasib, bahkan cinta dan seks dapat ditemukan dalam buku ini.

 

 

Sayangnya, berbagai perumpamaan dan juga cara berpikir orang China yang terdapat dalam buku ini, tidak serta-merta mudah dipahami oleh kita yang mempunyai kebudayaan berbeda. Nah di situlah tantangan kita untuk memahami dunia ide dan strategi masyarakat China. Buku ini memanfaatkan momentum di mana negara China sedang naik daun dan disebut-sebut sebagai negara paling penting di abad 21, sehingga kebijaksanaan China pun menjadi semakin menarik untuk dipelajari.