Indonesian Human Resources Handbook 2005

Buku ini lebih merupakan sebuah langkah awal dari sebuah upaya yang mulia dan penting, ketimbang hasil akhir yang sudah tuntas dan memuaskan. Merangkum apa, siapa, di mana, mengapa dan bagaimana-nya dunia HR di Indonesia jelas bukanlah kerja ringan yang sekali jadi. Sejauh ini, kompilasi yang disusun dan dikeluarkan oleh Ascorp (PT Ali Syarief Corporation) ini telah memasuki edisi yang kedua, dan itu artinya telah mengalami berbagai perbaikan dan penambahan data. Dan, kabarnya buku ini akan segera memasuki edisi ketiga dengan perubahan penampilan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, di samping tentu saja, lagi-lagi, penambahan item informasi. Dijadwalkan, edisi baru tersebut akan diluncurkan pada Mei 2007.

Indonesian Human Resources Handbook 2005 pada dasarnya merupakan kumpulan aneka informasi seputar HR, yang dibagi ke dalam tiga bagian. Pertama, Articles of Human Resources; kedua, Who is Who in Human Resources dan ketiga, Profiles and Directories of HR Service Provider & Business Educational Institution. Pada bagian pertama, terhimpun 11 artikel dari 11 konsultan, praktisi dan akademisi HR dari berbagai institusi dalam dan luar negeri. Dari Indonesia, pembaca bisa menemukan tulisan dari Direktur LM FEUI Budi W Soetjipto, Pendiri dan Direktur Experd Eileen Rachman, Managing Director JAC Indonesia Mariko Asmara dan Principal pada Sahala Consulting Sahala Harahap. Tema tulisan terentang dari bagaimana membangun budaya perusahaan hingga mengatur strategi HR yang tepat; dari yang disampaikan dalam bentuk paparan pengetahuan hingga uraian tips-tips praktis.

Pada bagian kedua, buku ini menyuguhkan profil ringkas 34 praktisi/konsultan/akademisi HR dari dalam dan luar negeri 11 di antaranya tak lain para penulis yang menyumbangkan buah pikirannya pada sesi Articles of Human Resources. Pada bagian ini, pembaca bisa menelusuri jejak pengalaman, area keahlian, latar belakang pendidikan dan pelatihan, aktivitas profesional dan publikasi dari masing-masing tokoh. Sedangkan pada bagian ketiga, pembaca dipandu untuk menemukan alamat (kantor, email, situs di internet) dan nomer kontak lembaga-lembaga penyedia layanan HR (Seminar, Workshop & Training Providers; Executive Search Firms; Employment Agencies/Outsourcing Firms; Assessment/Selection Service Providers; HR Consulting Firms) dan institusi-institusi pendidikan bisnis (Graduate Schools of Management, Vocational Schools), serta masih ditambah daftar firma-firma hukum yang menangani area HR.

Sebagai sebuah handbook, buku ini memang masih jauh dari lengkap. Ibaratnya, apalah arti 34 nama yang terdaftar dalam buku ini dibandingkan dengan beratus-ratus, atau bahkan mungkin beribu-ribu, tokoh HR yang ada di Indonesia. Di samping itu, kalau maunya memang menjadi Indonesian HR Handbook, mengapa harus menyertakan sejumlah nama dari luar negeri sementara masih banyak nama lain dari negeri sendiri yang mestinya lebih diprioritaskan untuk diperkenalkan kepada publik HR? Namun, seperti telah disebut di atas, sebagai sebuah langkah awal, buku ini jelas patut dihargai tinggi-tinggi. Yang sudah sangat bagus dan “sangat benar” dari buku ini, antara lain, pencantuman indeks yang memudahkan pembaca untuk menemukan dengan cepat item yang dicarinya. Untuk perbaikan pada edisi-edisi berikutnya, perlu kiranya penyusun buku ini merangkul sebanyak-banyak pihak yang terkait dan relevan untuk memungkinkan terkumpulnya data yang selengkap-lengkapnya.