Hal-hal yang Seharusnya Anda Ketahui Sejak Lahir

Sukses dan bahagia. Itulah yang umumnya dicari orang di seluruh dunia ini. Dan, berapa judul buku panduan untuk mengejar dua hal itu yang telah Anda baca sepanjang hidup?

Dari waktu ke waktu, buku-buku self-help yang menjanjikan “cara mudah” untuk sukses dan bahagia tak pernah henti diterbitkan, dan anehnya (atau sebenarnya tidak aneh?) selalu laris. Buku Joe Vital ini sebenarnya lebih dari sekedar buku panduan hidup sukses dan bahagia, seperti judulnya. Aslinya, buku ini berjudul Life’s Missing Instruction Manual: The Gudie Book You Should Have Been Given at Birth. Kedengarannya cukup menarik, bukan?

Jadi, kalau Anda termasuk orang yang sudah bosan dengan karena sudah terlalu banyak membaca buku-buku yang judulnya mengandung kata “sukses” atau “bahagia”, maka buku yang satu ini bisa dicoba. Seperti tersirat dari judulnya, buku ini memberi kita banyak informasi berupa pandangan, prinsip, petunjuk yang mungkin pernah kita dengar atau kita baca, namun luput dari perhatian serius kita. Padahal, hal-hal tersebut cukup penting dan mendasar untuk membangun kehidupan yang menjanjikan sukses dan membahagiakan.

Joe Vitale adalah direktur Hypnotic Marketing Inc yang banyak menulis buku-buku berisi kalimat-kalimat yang mampu menghipnotis dan menggugah kesadaran. Demikian pula dengan bukunya yang satu ini, seolah mengingatkan pembaca pada hal-hal yang mungkin tidak baru, tapi membuat kita mengangguk-angguk. Dengan kalimat-kalimat yang ringkas dan tangkas, Votale mengemas bukunya dalam bagian-bagian pendek sehingga tidak membosankan. Di sela-sela itu, dia menyelipkan kisah-kisah ringkas yang dihimpun dari orang-orang sukses. Terjemahannya yang bagus membuat buku ini semakin menarik dan mudah dipahami.

Sebagai buku “panduan”, paparan dalam buku ini jelas bersifat praktis, namun tetap tidak kehilangan pijakan-pijakan psikologis dan filosofisnya. Simak saja misalnya, ketika Vitale membahas tentang kecenderungan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Menurut dia, kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan selama kita tidak membutuhkannya. Bagaimana ini bisa dijelaskan? Kita diajak untuk merenungkan kembali betapa kehidupan ini terus-menerus mengajari kita untuk tahu bahwa rasa membutuhkan adalah suatu kecanduan yang akan menjauhkan kita dari apa yang kita inginkan.

Dalam hemat Vitale, selama kita menginginkan sesuatu tanpa membutuhkannya, kita bisa mendapatkannya. Sebaliknya, selama kita membutuhkannya, kita mengirimkan sinyal yang akan menjauhkannya. Satu lagi kelebihan buku ini adalah selera humornya yang bagus dan pas. Dengan kata lain, penulisnya bukan jenis orang yang ngotot mencekokkan suatu prinsip atau pandangan tertentu tanpa kekritisan sama sekali. Justru, tak jarang Vitale menyadari bahwa belum tentu apa yang dia sampaikan bisa diterima begitu saja oleh banyak orang. Dalam hal seperti ini, dia akan bilang, “Pandangan ini merupakan konsep yang maju, maka jangan sampai kepala Anda kram jika hal itu belum terasa masuk akal bagi Anda.”

Buku ini akan menghemat banyak waktu Anda dan menjauhkan Anda dari kesulitan dalam perjalanan hidup ini.