Dengan Novel Mengajarkan Kepemimpinan

Bagaimana kalian akan menggunakan waktu saat kalian tidak bekerja? tanya Robb kepada tim eksekutifnya. Keheningan menyelimuti ruangan itu, sementara setiap orang saling menatap dalam keheranan atas pertanyaan aneh dari presiden direktur mereka.

Buku Values-based Leadership berisi cerita yang sangat menarik tentang pengalaman seorang presiden direktur (CEO) bernama Robb Reinhart. Ia sedang mencoba mengatasi kondisi perusahaannya yang terombang-ambing, tanpa arah dan kehilangan dasar nilai untuk membimbing tingkah laku yang konsisten. Uniknya, tokoh Robb Reinhart, seperti juga tokoh lainnya dalam buku ini, adalah tokoh fiktif yang diciptakan oleh penulis Kenneth Majer.

Melalui cara bercerita seperti novel, Majer mengajarkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang praktis namun mendalam. Pengalaman dan keterampilan penulis sebagai seorang konsultan dan penasihat eksekutif secara jelas tercermin dalam salah satu tokoh utama buku ini,Pelatih,yang menjadi pembimbing tokoh utama.

Alkisah, Robb Reinhart terbangun setelah mendapat pertanda dari mimpi mengenai Rapat Komisaris yang menyudutkan dirinya. Setelah melakukan analisis terhadap perusahaannya, dia menyadari adanya tanda-tanda ketidakberesan dalam organisasi. Keasyikan Robb dengan matriks kinerja telah membutakannya terhadap aneka isyarat kecil yang tak begitu nyata. Isyarat itu menunjukkan bahwa orang-orang pentingnya telah melenceng dari patokan-patokannya nilai-nilai dasar yang dia kira masih menjadi dasar perusahaannya.

Terhentak untuk menyelesaikan masalah dalam cara-cara yang menyimpang dari kebiasaan praktek bisnisnya, Robb mengajak tim eksekutifnya untuk melakukan penyelidikan ulang dan menafsirkan kembali data survei karyawan yang sebelumnya diabaikan. Sewaktu dia dengan para wakilnya mengkaji ulang orang-orangnya dari lapisan manajemen atas sampai ke bawah, muncullah gambar yang menggelisahkan. Ternyata, perusahaannya telah meninggalkan praktek-praktek terbaik yang pernah menjadi bagian keseharian organisasi itu.

Melalui alur cerita yang berjalan dengan cepat, Majer memasukkan pendekatan-pendekatan yang inspiratif mengenai bagaimana memobilisasi, memadukan gerak dan mengilhami para karyawan. Pendek kata, bagaimana memanfaatkan nilai-nilai untuk mempertahankan sebuah perusahaan di jalur suksesnya.

Dengan gaya cerita seperti itu, prinsip-prinsip coaching dan team building langsung kelihatan membumi. Dengan begitu kita bisa belajar cara efektif untuk membangun tim inti berbasis nilai, membawa nilai-nilai setiap pribadi untuk membangun seperangkat nilai-nilai dan budaya perusahaan yang dianut bersama.

Kehadiran buku ini cukup menyegarkan di antara buku-buku manajemen yang lain, karena jarang kita bisa selesai membaca buku serupa dalam satu kali duduk. Itulah yang akan terjadi bila Anda membaca buku ini, karena cerita disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan memikat untuk terus membaca hingga selesai.

(Buku ini bisa dipesan melalui PortalHR.com. Silakan hubungi info@portalhr.com)