Belajar dari Revolusi GE

Tak diragukan lagi, Jack Welch adalah CEO paling sering dipuji di seluruh dunia. Bila manajemen adalah seni, maka Jack Welch telah membuktikan dirinya sebagai seorang pelukis besar, demikian Businessweek pernah menulis.

Welch telah menjadikan General Electric (GE) sebagai perusahaan paling sukses pada akhir Abad XX dengan mengembangkan dan kemudian menerapkan serangkaian strategi bisnis yang menjadi merek dagangnya: Bisnis itu sederhana. Jangan membuat bisnis menjadi terlalu rumit. Hadapi kenyataan. Jangan takut akan perubahan. Lawan birokrasi. Jadilah tidak berbatas. Gunakan akal para pekerja Anda. Carilah ide-ide terbaik, baik di dalam maupun di luar perusahaan Anda, dan lalu praktikkan ide-ide itu. Strategi-strategi ini dan lainnya telah membentuk fondasi bagi pertempuran Jack Welch untuk revolusi perusahaan.

Strategi Welch telah dijabarkan dalam sejumlah buku bisnis populer pada satu dekade ini. Penulis buku ini, Robert Slater sendiri telah menulis tiga buku. Berbeda dengan buku lainnya, buku ini berbentuk buku lapangan (fieldbook). Bedanya, dengan buku lapangan biasa mudah terlihat. Selintas saja membalik-mbalik halaman buku ini akan terlihat banyak sekali materi visual. Tujuan buku ini dibuat agar teori-teori di dalamnya dapat diterapkan serta dapat terukur. Buku ini memuat banyak latihan, pengukuran diri sendiri (self-assessment), point-point tindakan, dan dokumen-dokumen internal GE.

Buku ini terbagi menjadi dua bagian besar. Bagian pertama berfokus pada konsep perusahaan tentang kepemimpinan, pemberdayaan, organisasi, dan pelanggan. Pada bagian ini kita dapat mempelajari kedua konsep manajemen Welch yang sangat terkenal yaitu Six Sigma dan Work Out beserta panduan dalam penerapannya.

Bagian kedua berfokus pada Welch sendiri, kumpulan wawancara, pidato pilihan, dan penggambaran gaya manajemen Welch dalam berhadapan dengan eksekutifnya. Termasuk wawancara panjang yang tidak pernah dipublikasikan sebelumnya. Bagian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu CEO sebagai Profesor, Sang CEO sebagai seorang komunikator, dan Sang CEO sebagai seorang pengatur strategi.

Singkat kata, buku ini adalah sebuah buku panduan yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin menerapkan praktik bisnis inovatif ala Jack Welch.