Ayo, Berani Berkonfrontasi

Buku ini tentang konfrontasi. Kita menghadapi konfrontasi dalam kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja maupun di rumah. Konfrontasi krusial yang menjadi judul buku ini adalah tentang kekecewaan yang timbul karena pengingkaran janji, tercabiknya harapan dan perilaku lain yang buruk.

Semuanya dimulai dengan pertanyaan, “Mengapa Anda tidak melakukan apa yang sebaiknya Anda lakukan?” Bagaimana Anda seharusnya menghadapi, misalnya pegawai yang hampir selalu terlambat masuk kantor, rekan kerja yang menjelekkan Anda di belakang Anda, atau putri remaja Anda yang baru saja memberi tahu bahwa dia akan pergi ke pesta perpisahan sekolah bersama cowok yang Anda curigai sebagai anak yang licik dan tak bertanggung jawab?

Kerry Patterson, Joseph Grenny, Ron McMillan dan Al Switzler adalah para konsultan dan pelatih di bidang kepemimpinan dan kinerja organisasi, yang mendirikan perusahaan konsultan VitalSmarts. Mereka menyusun buku ini berdasarkan pengamatan selama lebih dari 10.000 jam terhadap orang-orang yang dipilih sebagai yang terbaik yang pernah terlibat dalam konfrontasi. Tidak hanya konfrontasi “biasa”, tapi konfrontasi yang sulit dan perlu. Yakni, yang berakhir dengan kemenangan bagi semua dan hubungan menjadi lebih kuat.

Buku ini menekankan pentingnya berkonfrontasi (yang aman dan efektif). Banyak contoh peristiwa tragis terjadi karena seseorang tidak berani berkonfrontasi. Sebaliknya, apabila konfrontasi dilakukan dengan tidak efektif, maka hasilnya pun tidak kalah fatal.

Cara-cara melakukan konfrontasi krusial dengan efektif diuraikan dalam buku ini. Dimulai dengan menanyakan apa masalahnya, baru kemudian menanyakan perlukah. Dengan detil buku ini memberikan panduan yang disertai contoh-contoh praktis dari pengalaman para penulis, sehingga diharapkan pembaca bisa mengetahui apa yang harus dilakukannya apabila menghadapi kondisi-kondisi yang tidak seharusnya.

Pembaca akan mengetahui kapan ‘harus’ memulai sebuah konfrontasi krusial dan bagaimana memulainya. Dan, bagaimana menyusun strategi sebelum membuka mulut. Semua itu merupakan keterampilan-keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di tempat kerja.

Selain panduan konfrontasi dalam sembilan bab, buku ini juga dilengkapi dengan empat lampiran. Terdiri atas Form penilaian diri untuk mengukur keterampilan konfrontasi krusial; “Model Enam Sumber” untuk membantu memperluas pandangan kita tentang mengapa orang melakukan apa yang mereka lakukan; “Ketika Semuanya Berjalan Lancar”, yaitu kondisi ketika semuanya berjalan sesuai dengan seharusnya; dan, panduan diskusi untuk kelompok baca.

Satu catatan kecil untuk penerbit, buku yang sangat berguna ini akan jauh lebih baik apabila penerjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia tidak terlalu kaku dan sulit dicerna.