Real Time Reward

Ibarat Anda melatih anak anjing , biasanya Anda akan kerap berkata “Good dog,” saat si puppy menjalankan apa yang Anda suruh, dan hal itu terus Anda lakukan sepanjang latihan. Mengapa? Karena jika Anda menunggu terlalu lama, Anda kehilangan kesempatan untuk memperkuat perilaku si puppy tadi. Prinsip ini penting untuk diingat ketika Anda sedang melatih karyawan. Mungkin aneh bila kita bandingkan kedua kasus ini, namun ada kesamaannya. Bila Anda ingin melihat kemampuan karyawan Anda, sarannya, jangan menunggu sampai review akhir tahun, sebaiknya berikan reward saat itu juga.

Mantan CEO Yahoo, Carol Bartz membuat sebuah kebiasaan untuk menghargai karyawannya, yaitu dengan merespon prestasi karyawannya secara real time atau saat itu juga. Bahkan sesuatu yang sederhana, seperti “bagus!” dalam rapat staff atau beberapa kata penghargaan lain, berkat cara itu, Bartz masuk menjadi “positive reinforcement” yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Autodesk, perusahaan di bidang pengembangan perangkat lunak di San Rafael, CA. Perusahaan tersebut juga menjadi salah satu perusahaan pertama yang membiarkan karyawan membawa anjing mereka untuk bekerja.

Keputusan itu jelas berpengaruh kepada budaya perusahaan, apalagi trik ini belum sepenuhnya bisa diterima semua karyawan. Namun ternyata, para pekerja menjadi tidak masalah bila lembur tiba, dan menikmati hari-hari kerja dengan hewan peliharaan mereka.

Robert Vetere, seorang ahli hewan, bekerjasama dengan Dr Marty Becker dan Dr Alan Beck di Universitas Purdue mengeksplorasi ikatan antara manusia dan hewan. Selama dua dekade terakhir, telah melakukan penelitian dan menerbitkan buku “From Wags to Riches,” mereka menemukan pendekatan baru yaitu memotivasi karyawan dengan menggunakan cara yang disebut para ahli hewan dengan perubahan radikal. Di bawah ini ada 3 aturan yang bisa Anda terapkan jika memang cocok dengan gaya atau model manajemen Anda.

1. Berikan Reward 24/7

Usahakan reward diberikan kurang dari 24 jam. Menurut Vetere, ketika salah satu manajernya melakukan pekerjaan yang luar biasa, Vetere akan mengucapkan “terima kasih” dengan tidak menunggu hari berlalu, katakan secepatnya. Penghargaan yang lain, seperti makan malam di luar, hari libur tambahan atau mengirimkan kartu ucapan.

2. Peliharalah Talent Anda

Manajer sebaiknya tahu bahwa mereka dapat mengubah perilaku karyawannya melalui penguatan positif, sehingga karyawan akan bahagia jika ia dianggap mampu berkinerja tinggi.  Ketika Anda memberi umpan balik yang tepat untuk rekan kerja Anda, Anda dapat mengubah kualitas hidup mereka, juga. Selain itu, pujian, jika diberikan dengan jujur ​​dan sepenuh hati, akan menjadi feedback yang sangat baik untuk staff Anda.

3. Timbulkan Motivasi Intrinsik

Pemberian tunjangan, fasilitas, training, dll, yang menjadi bentuk motivasi ekstrinsik memang perlu dijalankan manajemen sebagai hak karyawan. Wujud penghargaan pelatih hewan juga dengan mengembangkan infrastruktur untuk memotivasi beberapa anjing, seperti bermain tarik tambang, mainan tali sampai kursus bermain lingkar tangga. Namun untuk membuat Anjing tersebut melompat indah itu bisa dilakukannya semata-mata karena motivasi intrinsik yang diberikan pelatihnya. Jadi cara efektif apa yang dilakukan untuk memotivasi intrinsik kepada karyawan? Timbulkan kesenangan untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Dalam dunia bisnis, motivasi intrinsik ibarat emas. Di mana cara tersebut diyakini menjadi kunci untuk meng-engage karyawan dan salah satu cara untuk memastikan orang mendapatkan kepuasan tertinggi dari pekerjaan mereka.

Tags: , ,