Praktik Renumerasi Perusahaan 1

Diakui Bambang Widyastomo, HR And GA Division Head PT. Trimegah Securities, bahwa selama bertahun-tahun perusahaan ini belum memiliki sistem yang baik mengenai kenaikan gaji. “Sebelumnya kami belum mempunyai sistem yang jelas. Kami lebih memakai sistem senioritas,” ujar Bambang.

Namun kini menurut Bambang, sejak tahun 2002, Trimegah Securities membuat semua penggajian sesuai dengan kinerjanya masing-masing karyawan. hal ini berlaku bagi semua karyawan baik di back office maupun di front office. Disamping itu juga disesuaikan dengan nilai-nilai yang berlaku di perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan ini menggunakan merit system.

Menurut Bambang, latar belakang perusahaan ini menggunakan merit system adalah karena dua tahun belakang Trimegah Securities tidak mempunyai sistem. Semuanya banyak berdasarkan senioritas dan kedekatan. Penggunaan merit system di sini juga melalui tahapan-tahapan. Pada tahun-tahun pertama perusahaan ini mencoba menerapkan keadilan di dalam organisasi, lalu semakin digiatkan dan pada akhirnya mulai digunakan data dari evaluasi kinerja karyawan.

Perusahaan ini menggunakan sistem c/ean wage, di mana perusahaan memperoleh gaji saja tanpa tunjangan makan dan transportasi, kecuali orang tersebut menduduki jabatan struktural. Pada jabatan struktural ini seseorang mendapat tunjangan jabatan. Yang termasuk dalam jabatan struktural adalah manajer ke atas. Selain jabatan struktural, juga ada posisi yang padat dengan nilai bisnis. Posisi ini juga mendapatkan tunjangan jabatan.

Gaji terendah yang diberikan untuk karyawan dengan pendidikan sarjana berkisar antara 2 juta hingga 2,5 juta dan yang paling tinggi mencapai 20-21 juta. Dengan sistem yang demikian, ada juga karyawan yang melakukan protes. Namun menurut Bambang, hal itu tidak menjadi masalah, karena semua kebijakan sudah diberitahukan sejak awal. Namun perusahaan juga memberikan tunjangan untuk jalan dinas. Untuk operasional di Jakarta juga disediakan mobil operasional, dengan supir. Jadi karyawan tidak akan keluar biaya lagi.

Untuk direksi sendiri, penggajian dilakukan melalui proses tahunan, yaitu berdasarkan kola saja. Maksudnya adalah berdasarkan hasil investasi tahun lalu. Untuk direksi dan level tertentu diberikan benefit, perusahaan memberikan Car Ownership Program berupa subsidi untuk membeli mobil. Selain mendapatkan tunjangan jabatan dan juga mendapatkan tunjangan kesehatan, termasuk kehamilan sampai tiga anak. Untuk kesehatan dan kehamilan ini semua karyawan dapat, plafonnya dua kali gaji pertahun.

Menurut Bambang, sulit untuk mengukur gaji karyawan PT. Trimegah Securities secara keseluruhan, karena mengandung variabel yang cukup besar. Secara umum karyawan mendapat gaji sebanyak 14 kali selama satu tahun, termasuk tunjangan hari raya dan bonus yang jumlahnya tergantung dengan pencapaian perusahaan. Bonus yang diterima seluruh karyawan tersebut, diakui Bambang, seringkali mencapai 9-10 kali gaji.

Memasuki tahun 2005, PT. Trimegah Securities telah menyediakan anggaran untuk kenaikan gaji karyawannya. Dengan jumlah karyawan sekitar 310 orang, total anggaran yang disediakan mencapai 12-14%.

Dalam sebuah perusahaan seringkali terjadi kesenjangan antara top management dengan karyawan biasa. Hal demikian juga terjadi di perusahaan yang terletak di kawasan pusat bisnis di Jakarta ini. PT. Trimegah Securities bergerak di bidang yang mengandalkan manusia sebagai aset utamanya. Oleh karena itu semakin ahli seseorang, maka dia akan semakin berharga. Dan perusahaan ini tidak segan-segan untuk membayar mahal.