Karyawan Lebih Produktif Bekerja di Luar Kantor

Perkembangan era digital yang sangat pesat memunculkan sebuah pertanyaan baru di dunia kerja, “Masih perlukah karyawan datang ke kantor setiap hari untuk mengerjakan tugas-tugasnya?” Untuk pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah, rasanya masuk akal jika budaya “ngantor” mulai dikurangi atau bahkan ditinggalkan. Menurut riset yang dihajat oleh Microsoft, sebagian besar karyawan perusahaan di Amerika mengaku justru lebih produktif ketika bekerja di luar kantor.

“Enam puluh persen dari responden survey  Microsoft Telework– melibatkan sekitar 3600 karyawan di 36 kota di Amerika Serikat—mengaku bahwa pada dasarnya mereka merasa lebih produktif dan efisien ketika bekerja secara remote atau jauh dari kantor,” papar pihak Microsoft, seperti dikutip dari bizjournal.com.

Optimalnya kinerja di luar kantor tersebut terjadi karena beberapa faktor. Dua di antaranya adalah berkurangnya stress akibat mobilitas di jalan dan berkurangnya distraksi “drive-bys” saat berkendara, seperti antrian tol maupun antri karcis parkir. Kedua faktor tersebut membuat karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakkan tugasnya.

Dalam waktu yang bersamaan, Microsoft juga mengungkapkan bahwa meskipun banyak responden yang menjawab lebih efektif bekerja di luar kantor, tidak banyak perusahaan yang mau memfasilitasi work at home tersebut.

“Dari total responden, hanya 41 persen yang mengatakan bahwa perusahaan tempat mereka bekerja menetapkan kebijakan bekerja di luar kantor dan 15 persen responden yakin bahwa perusahaan mereka membolehkan fleksibilitas waktu kerja.”

Penelitian tersebut juga mendaftar 10 besar kota di Amerika Serikat yang mengaplikasikan telecommuting, dimana Boston berada di posisi pertama, diikuti Raleigh-Durham dan Atlanta.

Tags: , , ,