Menghadapi Manajemen yang Buruk

Melalui akun Twitter kami @portalhr beberapa hari yang lalu kami mendapat pertanyaan dari M. Andika Darmawan (@Dika_Darmawan) tentang bagaimana menyikapi manajemen yang buruk.

Pertanyaan yang hanya satu kalimat tersebut mengandung jawaban yang panjang dan tidak bisa kami jawab melalui situs jejaring sosial yang membatasi setiap postingan hanya maksimal 140 karakter itu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami minta pendapat salah satu konsultan kami, N. Krisbiyanto, Senior Partner People Consulting. Di bawah ini jawaban beliau:

Menyikapi manajemen yang buruk membutuhkan keseriusan dan daya tahan yang tinggi terlebih bagi seseorang  yang memiliki standar kinerja yang tinggi.

Hal awal yang sebaiknya dilakukan tentunya adalah menilai dengan penuh kesadaran secara profesional sejauh mana buruknya kinerja manajemen yang dimaksud. Lakukan paling tidak assessment dalam kerangka yang menyeluruh.

Anda dapat mempergunakan kerangka framework 7 S dari McKinsey yaitu mengevaluasi dari sudut Strategy, Structure, Systems, Style, Skills, Staff dan Shared Values yang ada di dalam perusahaan. Rasanya tidak ada perusahaan yang memiliki kondisi buruk di hampir semua hal.

Pendekatan 7 S tersebut dapat dikategorikan dalam hard element yaitu Strategy, Structure dan System, dan Soft Element yaitu Style, Staff, Skills dan Shared Values.

Hard elements tentunya lebih mudah untuk dapat dilakukan perbaikan dan Soft Element biasanya bersifat intangible dan untuk perbaikannya biasanya lebih sulit dan membutuhkan komitmen akan perubahan terutama perubahan budaya kerja secara lebih serius di dalam organisasi. Jadi semakin banyak nilai merah di ke 7 faktor McKinsey maka semakin dalam masalah perusahaan tersebut, dan semakin banyak soft element yang bermasalah akan semakin berat lagi masalah perusahaan tersebut.

Setelah melakukan evaluasi mengenai perusahaan, sebaiknya Anda mengevaluasi diri Anda sendiri, seperti bagaimana performance Anda selama ini dan peran Anda dalam ikut berkontribusi dalam melakukan perbaikan- perbaikan terhadap 7 faktor McKinsey yang sudah Anda evaluasi tersebut. Hal yang mendasar sebenarnya kadang seseorang lupa bahwa dia adalah bagian dari manajemen tersebut dan melihat bahwa manajemen adalah jajaran Direksi semata. Padahal keseluruhan atasan yang memiliki anak buah adalah termasuk ke dalam jajaran manajemen.

Akhirnya setelah Anda mengevaluasi semua hal di atas termasuk melakukan self assessment terhadap peran Anda, selanjutnya Anda dapat mengambil keputusan-keputusan yang strategik baik bagi kelangsungan karir Anda dan juga perbaikan perusahaan.

Tags: ,