Pola Kerja Virtual Makin Menantang HR

Tren rekrutmen karyawan melalui jalur online terus meningkat. Bahkan lebih dari itu, kini makin banyak perusahaan yang melakukan pelatihan dan manajemen staf lewat internet. Kecenderungan tersebut membuat para profesional HR bekerja dengan orang-orang yang tak pernah mereka temui.

Aktivitas perusahaan yang banyak dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet telah menjadikan orang-orang HR sebagai pemberi jasa pelayanan bagi tim virtual.

Sebuah perusahaan bisnis outsourcing global TeleTech pekan lalu mengumumkan rencana mereka untuk merekrut lebih dari 700 staff untuk melayani virtual customer baru yang telah mapan di Inggris. Nantinya, staf yang diterima akan bekerja secara online, dari rumah, dan tidak pernah bertemu dengan manajer mereka secara langsung.

‘Kantor-cyber’ tersebut dimaksudkan untuk membuka pasar tenaga kerja bagi staf yang secara fisik tidak bisa bepergian, dan bagi mereka yang membutuhkan aturan kerja yang lebih fleksibel.

Managing Director TeleTech Cormac Twomey kepada Personnel Today mengungkapkan, “Kami melihat saat ini tengah terjadi pergeseran dalam pola kerja, di mana bekerja dari rumah semakin diterima. Orang ingin kembali ke tempat kerja, tapi pada saat yang sama maunya cukup fleksibel untuk dekat dengan rumah dan keluarga mereka.”

Dalam pola kerja yang baru tersebut, karyawan bergabung dengan chat room intranet untuk meng-up date perkembangan bisnis, dan menjadi bagian dari komunitas virtual. Para manajer operasional online secara reguler, menelepon atau mengirim email kepada staf mereka sepanjang hari.

“Kami sadar bahwa orang-orang yang bekerja dari rumah merasa tidak terikat,” ujar Twomey. “Tapi, kami melakukan seminar-seminar berbasis-web, menggunakan modul-modul self-learning, menjaga kontak telepon dan memiliki ruang-ruang training virtual lengkap dengan pelatih online, sehingga selalu ada human contact di tengah lingkungan online.”

Sektor kerja virtual sedang berkembang dan Twomey memprediksikan, orang-orang akan menjadi semakin nyaman dengan itu.