Garuda Gunakan E-Learning Untuk Akselerasi Pembelajaran

Garuda Indonesia membutuhkan 400 pilot setiap tahunnya, belum termasuk kebutuhan people pada bagian-bagian lain. Kebutuhan ini akan meningkat pada tahun depan sehingga proses pembelajaran merupakan aspek penting untuk terus-menerus menjaga standar mutu perusahaan. Untuk mempercepat proses pembelajaran tersebut Garuda Indonesia sejak lama sudah menerapkan e-learning.

Hal ini mengemuka pada E-learning Executive Forum yang diselenggarakan MIK dan Globalearning Center di Hotel Le Meridien Jakarta, kemarin (23/5). Joko Sutanta dari Learning and Development Department di PT Garuda Indonesia, Tbk menjelaskan, sejak 2007 Garuda sudah menerapkan e-learning.

“Pada saat itu Garuda sudah mempunyai beberapa simulator yang digunakan untuk meningkatkan skill awak Garuda,” ujar Joko. Di satu sisi Garuda selalu membutuhkan pilot untuk terbang, namun di sisi lain mereka juga masih harus belajar, salah satu solusinya adalah e-learning, tambahnya.

Joko mengakui dalam menerapkan e-learning Garuda menghadapi

cukup banyak tantangan, seperti dari sisi infrastruktur, misalnya bandwidth, masalah audit compliance sampai persoalan yang berhubungan dengan karyawan, di antaranya penerimaan karyawan sendiri serta proses integrasi ke dalam aktivitas Human Capital.

“Sebagian besar employee kita dari SMA dan D3, tapi sampai saat ini kita bisa menyiasatinya,” ujar Joko. Keuntungan E-Learning memang belum bisa diukur dari materi, tapi menurut Joko setidaknya pilot masih bisa terus terbang dan pramugari masih bisa bekerja sekaligus belajar.

Walaupun E-learning dapat menjadi bentuk baru training untuk karyawan, tetapi tetap diakui, E-learning belum dapat dijadikan pakem learning program secara penuh. Mitra Integrasi Komputindo (MIK) selaku penyelenggara acara juga mengakui hal tersebut.

“E-learning tidak bisa replace, tapi kita bisa mengukur dampak dan perubahannya dari content modulnya bagi karyawan,” ujar Daniel V. Lie, selaku Chief Corporate Sales Officer MIK menutup diskusi tersebut.

zp8497586rq
Tags: , ,