Karyawan Perlu Melek Finansial

Financial literacy atau melek finansial penting dimiliki oleh karyawan. Dengan financial literacy, karyawan akan mampu membuat suatu keputusan yang efektif mengenai masalah finansial. Karyawan yang tidak melek finansial berpotensi memiliki masalah keuangan yang bisa berakibat stress.

Seperti yang diutarakan Mike Rini Sutikno, CFP dari MRE Finansial & Business Advisory pada acara eLearning Executive Forum hari Rabu lalu, biasanya sumber stress karyawan yang berhubungan dengan masalah finansial adalah ketidakberesan manajemen keuangan rumah tangga, tingginya biaya kesehatan, rencana hari tua, manajemen utang, dan kurangnya tabungan.<

/p>

Karyawan yang memiliki stress masalah finansial bisa merugikan perusahaan dalam hal: Berkurangnya konsentrasi kerja, seringnya absen, tagihan telepon membengkak (karena biasanya butuh tempat curhat), resiko penipuan dan pencurian.

Bahkan hasil studi dari Virginia Technical University menunjukkan karyawan dengan stress finansial menghabiskan 62,5 jam kerja dengan pikiran dan perilaku yang teralihkan akibat masalah finansial personal yang dihadapi. Sementara data dari Personal Finance Employee Education Foundation, Inc. dan Finansial Literacy Partners mencatat perkiraan kerugian perusahaan berkisar dari US 450 sampai US 7000 per karyawan.

zp8497586rq
Tags: