8 Langkah Lindungi Perusahaan dari Mantan Karyawan

Meskipun sedari awal perusahaan telah menjalani proses perekrutan dengan selektif, namun bukan hal yang mengherankan bila suatu hari ada beberapa karyawan yang kurang memenuhi kriteria perusahaan Anda. Pemecatan karyawan pun bisa terjadi di perusahan yang sedang berkembang, namun sebaiknya Anda memastikan perusahaan tetap aman setelah pengambilan keputusan PHK tersebut diambil.

Berikut 8 langkah dari Inc.com yang kadang dilupakan perusahaan setelah mem-PHK karyawan, di antaranya:

1. Surat Pernyataan Kewajiban

Surat tersebut harus diserahkan kepada mantan karyawan untuk mengingatkan bahwa mereka masih mempunyai kewajiban yang harus diselesaikan. Beberapa surat perjanjian kerja tersebut antara lain, Hak-cipta dan informasi rahasia.

2. Pengembalian Kunci

Semua kunci yang berhubungan dengan bisnis perusahaan harus dikembalikan oleh mantan karyawan. Kunci dalam hal ini termasuk kunci fisik (ruangan, loker, laci).

3. Kode Alarm

Jika mantan karyawan memiliki kode keamanan bangunan perusahaan, sebaiknya kode tersebut dihapus atau diubah.

4. Kartu Kredit

Kartu kredit yang dikeluarkan kantor untuk mantan karyawan, sebaiknya dikembalikan. Jika tidak dikembalikan, perusahaan harus menghubungi pihak Bank untuk menginformasikan kekadaluarsaan kartu dan membatalkan kartu.

5. Password ke Situs Internet

Jika karyawan memiliki akses ke situs atau web perusahaan seperti password yang berhubungan dengan akun perusahaan (misalnya password web hosting milik perusahaan), maka perusahaan harus menghapus atau mengubah password agar tidak bisa diakses mantan karyawan tersebut.

6. Akses ke Jaringan Komputer Perusahaan

Jika karyawan memiliki laptop atau alat elektronik lainnya yang diizinkan untuk mengkakses ke jaringan komputer perusahaan Anda, mereka harus menghapus atau mengubahnya. Jika tidak, sebaiknya departemen IT menginstruksikan untuk menghilangkan kode atau akses mantan karyawan itu ke jaringan perusahaan Anda.

7. Email dan Komunikasi lainnya

Pada email milik mantan karyawan harus diletakkan sebuah penjawab email otomatis yang akan merespon dan menginformasikan kepada semua email yang masuk bahwa karyawan tersebut sudah tidak bekerja di perusahaan. Email milik perusahaan itu juga harus ditambahkan informasi siapa yang harus dihubungi jika ada hal-hal tertentu yang perlu diselesaikan. Dan jangan lupa menyertakan pesan serupa berupa voicemail yang diletakkan pada nomor telepon kantor mantan tersebut.

8.  Gaji dan Manfaat lainnya

Yang terakhir, pastikan mantan karyawan akan terhapus dari payroll dan bonus-bonus kantor lainnya. Manfaat seperti asuransi kesehatan dan tunjangan hari tua juga mesti dibereskan perusahaan kepada mantan karyawan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

Tags: