PHK karena Menolak Dipindahkan

Pertanyaan :

Saya mau tanya kalau pemutusan hubungan kerja karena mereka tidak mau dipindah dari toko ke kantor yang statusnya masih 1 lokasi itu apa melanggar UU tenaga kerja atau tidak? Terus untuk kompensasi bagaimana?


Jawaban :

Jawaban:
1. Hampir dapat dipastikan bahwa dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama, terdapat ketentuan yang antara lain menyebutkan bahwa pekerja harus bersedia untuk ditugaskan/ditempatkan di daerah manapun dalam wilayah operasional perusahaan.
2. Pekerja yang menolak untuk dipindahkan ke lokasi kerja lain berarti pekerja tersebut melanggar ketentuan yang diatur oleh perusahaan. Penanganan kasus ini tergantung pada ketentuan yang diatur oleh perusahaan. Bila aturan perusahaan menyatakan bahwa pelanggaran tersebut pekerja dapat di PHK, maka perusahaan dapat melakukan PHK atas kasus tersebut.
3. Bila pelanggaran tersebut oleh perusahaan diklasifikasikan sebagai pelanggaran berat, maka atas PHK tersebut tidak mewajibkan perusahaan memberikan pembayaran Uang Pesangon dan Uang Penghargaan Masa Kerja.