Menentukan Formula Kemiringan Garis Kinerja dalam Sistem Merit

Pertanyaan :

Berkaitan dengan ulasan Bapak mengenai sistem merit, ada yang ingin saya tanyakan terutama tentang menentukan Kemiringan Garis Kinerja. Formulanya seperti apa?


Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaan yang sangat baik yang Bapak ajukan.

Bagi perusahaan, kemiringan garis kinerja pada grafik merit increase policy memiliki dampak langsung terhadap biaya. Kemiringan garis kinerja tersebut tergantung pada 2 hal yang utama, yaitu:

1. Reward Strategi, seberapa besar perusahaan ingin menghargai perbedaan pencapaian kinerja individu. Hal ini juga terkait dengan filosofi penggajian yang dianut perusahaan tersebut. Penerapannya bisa progresif, moderat atau konservatif. Makin progresif dalam arti perusahaan makin ingin membedakan pencapaian kinerja individu antara yang Istimewa, Baik dan Sedang secara sangat signifikan, maka garisnya akan semakin miring. Strategi ini bertujuan untuk mendorong karyawan mencapai kinerja semaksimal mungkin.

Namun perlu diingat, karena merit increase bersifat fixed pay dan melekat pada base salary, sebaiknya juga dipertimbangkan dampaknya terhadap biaya-biaya gaji lainnya yang perhitungannya terkait base salary, misalnya tunjangan, pensiun dsb. Selain itu, pembedaan persentase merit increase secara signifikan akan menyebabkan gap gaji yang makin membesar antar karyawan dari tahun ke tahun sehingga perlu dipertimbangkan untuk membuat struktur gaji dengan rentang maksimum-minimum yang lebar.

2. Kemampuan Keuangan Perusahaan, seberapa besar anggaran yang disediakan untuk mengkompensasi merit increase. Makin besar anggaran yang disediakan, makin terbuka ruang untuk memiringkan garis kinerja.

Demikian Pak Estiko yang dapat kami sampaikan secara singkat, mudah-mudahan bermanfaat.