Kriteria Sistem Payroll Outsourcing

Pertanyaan :

Selamat Siang Pak,Saya ingin menanyakan kriteria Sistem payroll outsourcing yang bagaimanakah sehingga dapat menunjang Dept HRD padaUmumnya ? Best, Erick Lie


Jawaban :

Pak Erick, menginterpretasikan kata "sistem" di atas sebagai kegiatan outsourcing secara umum, outsourcing payroll maupun aktivitas HR yang lainumumnya dilakukan karena ada nilai tambah finansial (penghematan) maupun non-finansial (kerahasiaan data, fokus pada kompetensi utama) yang dihasilkan dari kegiatan tersebut, dibandingkan dengan perusahaanmengerjakan aktivitas tersebut sendiri.

Beberapa alasan utama bagi perusahaan untuk meng-outsource payroll maupunaktivitas HR yang lain adalah:
1. Membantu perusahaan untuk memfokuskan energinya pada kompetensi utamanyadi dalam berbisnis, misalnya pemasaran maupun distribusi.
2. Melakukan penghematan, termasuk dengan berkurangnya staff yangmeng-administrasi kegiatan tersebut atau berkurangnya waktu yang diperlukanuntuk menjalankan kegiatan administrasi payroll atau aktivitas lain yangkurang memberikan nilai tambah bagi bisnis perusahaan.
3. Akses kepada keahlian vendor di dalam mengelola payroll maupun aktivitas HR lainnya, dengan asumsi bahwa dengan core business yang ada, vendor dapat menjalankan aktivitas yang di-outsource dengan lebih baik dan lebih efisien.

Untuk memilih vendor, adanya baiknya memperhatikan antara lain kemampuan mereka di dalam menjalankan aktivitas yang akan di-outsource,reputasi/track-record, infrastruktur termasuk sistem IT yang digunakan, investasi yang diperlukan baik dalam jangka pendek maupun panjang, aturan main (SLA/Service Level Agreement) antara vendor dan perusahaan mengenaiukuran kinerja vendor ketika memberikan jasa kepada perusahaan Bapak,termasuk ketika terjadi pemutusan hubungan kerja. Sekian dulu dan semoga membantu.