Persatuan Pensiunan

Pertanyaan :

Saat ini jumlah karyawan yang berusia di atas 40 tahun sekitar 15%, 45 tahun kira-kira 25%, dan 50 tahun 20%. Sekarang usia saya 54 tahun. Sehubungan dengan hal tersebut saya mempunyai gagasan dan konsep yang didukung teman-teman untuk membentuk persatuan pensiunan. Mohon petunjuk dan masukannya. Terima kasih.


Jawaban :

Jawaban:

Kami rasa tidak ada undang-undang atau peraturan yang mengatur tentang hal ini, dan tentunya manajemen perusahaan akan menyambut baik pembentukan persatuan pensiun tersebut selama tujuannya adalah untuk kemaslahatan bersama para anggota dan juga memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Mengenai mekanisme pembentukannya mungkin bisa dengan berbagai bentuk badan hukum; koperasi, PT, maupun hanya paguyuban saja.

Yang perlu kami tekankan bahwa, tujuan pembentukan persatuan tersebut harus benar-benar dicanangkan untuk memberikan manfaat yang positif, seperti pemberian pelatihan persiapan pensiun, pemberdayaan karyawan untuk suatu pekerjaan pendukung bagi perusahaan, koperasi simpan-pinjam, fasilitas kesehatan, atau sekedar wadah silaturahmi di antara para pensiunan.

Sudah banyak contoh perusahaan yang mempunyai persatuan pensiun yang aktif dalam membantu perusahaan induknya baik dengan sisi pelayanan dukungan operasional hingga pengelolaan dana pensiunan.

Kami mendukung upaya Bapak dalam membentuk persatuan pensiun tersebut, semoga sukses dan tetap semangat.

Tags: ,