Analisa Beban Kerja

Pertanyaan :

Nama saya Hendra, HRD Manager pada perusahaan yang baru beranjak dari Home Industri sejak 4 tahun lalu. Saya tidak pernah menjabat sebagai HRD manager, tapi pimpinan saya mempercayakan jabatan ini kepada saya. Saya sangat ingin melakukan penghitungan beban kerja karyawan, karena jumlah karyawan yang meningkat pesat (200 %) dari 40 orang menjadi 120 orang yang di antaranya ada sebagai Marketing, Finance, Produksi, HRD, IT, Distribusi, dan saat ini perusahaan akan mencoba untuk mendapatkan sertifikat cGMP. Perusahaan saya bergerak di bidang kosmetik, contract manufakture.  Sebenarnya departemen HRD belum berfungsi maksimal atau masih banyak pekerjaan HRD yang masih dipegang oleh Direktur. Untuk itu secara bertahap saya akan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan oleh HRD terdahulu dengan maksud mengangkat derajat HR departement dan tentunya diri saya sendiri, bantuan dari bapak dan ibu sangat berarti bagi saya, di samping itu kalau bapak/ibu bersedia kirimkanlah ke saya bentuk - bentuk form yang dapat saya gunakan sebagai acuan bagi saya. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Jawaban :

p>Dear Hendra,

Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk kepercayaan manajemen yang diberikan kepada Anda dan salut atas kesuksesan pencapaian perusahaan Anda.

Menyinggung sedikit tentang analisa beban kerja atau workload analysis, konsep sederhananya adalah membandingkan antara output – input. Rasanya rasio perbandingan itu cukup menjadi gambaran awal apakah karyawan ybs cukup produktif atau tidak? Lebih jauh, perbandingan tersebut akan dipertajam jenis/ragam beban kerja, kuantitas dan kualitas/ kerumitannya atau bahasa kerennya coba diukur job description vs. job dimension/requirement-nya.

Untuk rumus perhitungannya, Anda bisa mencari di literatur-literatur online. Jangan terpaku dengan rumus-rumus baku tersebut, karena pada intinya semakin detil ukuran yang diukur semakin terlihat jelas kesenjangan (gap) antara ekspektasi output terhadap input atau kinerja.

Mengenai template dan form, Anda dapat memperolehnya di PortalHR.com bagian Templates & Tools.  Terima kasih

zp8497586rq
Tags: ,