Kasus Unik Berkaitan dengan THR (2)

Pertanyaan :

Saya karyawan perusahaan consumer goods swasta nasional. Saya bergabung di perusahaan tersebut pada 13 Maret 2009 dan mengundurkan diri pada 10 September 2009. Sehubungan dengan pengunduran diri itu, saya dipanggil oleh pihak perusahaan agar mengembalikan uang THR yang sudah transfer ke rekening saya pada 7 September 2009 sebesar 1 bulan gaji pokok saya, Rp.2.000.000 dengan alasan menurut undang-undang tenaga kerja, saya wajib mengembalikan uang THR itu karena masa kerja yang belum genap 6 bulan. Saya sangat terkejut karena menurut buku PKB Perjanjian Kerja Bersama) yang dibagikan ke kami (karyawan baru) periode 2007 - 2009, untuk masa kerja 3 bulan sampai kurang dari 18 bulan mendapatkan 1 kali bulan gaji, dan perihal mengenai permasalahan pengembalian uang THR tidak tercantum sama sekali. Mohon tanggapannya. Apa yang harus saya lakukan?


Jawaban :

1. Saya setuju dengan Anda, perihal transfer uang THR yang besarnya 1 kali gaji merupakan kesalahan manajemen, karena Anda sudah mengajukan surat pengunduran diri sebelum pemberian THR.

2. Anda berhak mendapatkan THR pro rata sesuai dengan masa kerja Anda yaitu sebesar (masa kerja /12) X 1 bulan gaji. Hal ini sesuai peraturan menteri mengenai THR 04/1994, yang menyatakan bahwa:
a. Karyawan yang telah bekerja 3 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 1 tahun mendapatkan THR pro rata (Anda bekerja hampir 6 bulan)
b. Karyawan yang putus hubungan kerjanya 30 hari sebelum hari raya keagamaan berhak atas THR (Anda mengundurkan diri 11 hari sebelum hari raya)

3. Saran saya:
a. Jelaskan pada perusahaan bahwa menurut ketentuan yang berlaku, Anda berhak atas THR pro rata
b. Kembalikan kepada perusahaan kelebihan THR yang bukan merupakan hak Anda. Percayalah, rejeki yang halal Insya Allah memberikan berkah buat Anda.

Semoga kejadian ini tidak mengganggu kelancaran ibadah puasa Anda dan selamat berlebaran.