Masa Tenggang Kontrak

Pertanyaan :

Yth Ibu Wiwiek, mohon referensinya, yang pertama apa bila saya selesai kontrak 1 selama 2 tahun, tanpa diistirahatkan selama 30 hari, tetapi tidak langsung dikontrak, hanya ada surat pernyataan yang isinya mau untuk dikontrak kembali, tetapi tetap bekerja seperti biasa, setelah 3 bulan baru keluar kontrak ke 2, untuk jangka waktu 6 bulan, dan tinggal menyelesaikan sisa waktu 3 bulan masa kontrak, apakah diperbolehkan dalam undang-undang ketenagakerjaan? Dan yang kedua apa bila saya ingin mengundurkan diri di saat kontrak itu keluar dan belum saya tanda tangani apakah saya harus membayar denda sebesar gaji yang saya terima selama masa kerja tanpa kontrak tsb? Tetrima kasih.


Jawaban :

Jawaban :

Menurut ketentuan yang berlaku, mestinya ada masa tengggang waktu 30 hari, dalam masa ini karyawan tidak bekerja. Dalam hal ini perusahaan Anda
bermaksud mensiasati peraturan yang berlaku dan tentu saja kebijakan tersebut tidak sesuai dengan UU yang berlaku.

Sepanjang Anda BELUM menandatangani kontrak kedua yang berlaku untuk masa 6 bulan, Anda tidak wajib membayar kompensasi kepada perusahaan untuk waktu 3 bulan yang belum Anda jalani.

Demikian, semoga dapat membantu.