Cuti Hamil Pada Saat Perusahaan Dilikuidasi

Pertanyaan :

Selamat siang pak, saat ini saya bekerja di perusahaan yang sedang menjalani proses likuidasi, dimana hampir seluruh karyawan dikontrak dengan masa kerja sebulan2x padahal sudah lebih dari satu tahun tapi 3 karyawan dikontrak dengan masa kontrak seumur perusahaan/ sampai perusahaan tutup. Dan kebijakan yang diambil tidak berdasarkan PKB atau peraturan perusahaan tapi berdasarkan kebijakan manajemen.

Saat ini saya mengajukan cuti hamil tapi oleh manajemen saya dikasih waktu hanya 2 bulan dengan gaji satu bulan jadi satu bulan saya tidak digaji. Padahal menurut UU ketenagakerjaan no. 13 th 2005 seharusnya saya mendapatkan hak cuti hamil 1 1/2 bulan sebelum dan sesudah, tapi pihak manajemen menjelaskan bahwa itu tidak berlaku yang berlaku adalah kebijakan karena kontrak saya yang hanya sebulan2x. Mohon saran dan masukannya pak mengenai hal ini.

Demikian terima kasih


Jawaban :

Jawaban:

1. Tidak jelas dengan apa yang dimaksud "dikontrak dengan masa kerja sebulan 2x padahal sudah lebih dari satu tahun".
2. Dalam kasus anda, Nampak bahwa sebelum pekerja "dikontrak dengan masa kerja sebulan 2X" sudah ada hubungan kerja.  Namun tidak jelas bagaimana dasar/prosedur perpindahan status hubungan kerja tersebut.
3. Terlepas dari jawaban pada nomor 1 dan 2, cuti hamil 3 bulan adalah hak normatif pekerja wanita yang harus diberikan oleh pengusaha. Dalam kasus anda, pengusaha telah melakukan pelanggaran hukum terhadap ketentuan yang diatur dalam UU No 13 tahun 2003, Pasal 82 ayat (1).