Bagaimana Merekrut Calon Marketing?

Pertanyaan :

Saya HRD di KJKS yang cukup besar, kesulitan menjaring karyawan yang berkualitas dan tertarik dengan kami. Bagaimanakah proses rekrutmen yang
ideal/standard dan menarik bagi calon marketing? Dari mulai pengiklanan sampai proses rekrutmen, ataukah ada cara lain yang lebih efektif dan
dapat menghasilkan pelamar yang sesuai harapan? Terima kasih


Jawaban :

Dear Sdr. Lely,

Banyak perusahaan (kantor) yang merasakan kesulitan tersebut. Pada sisi lain banyak yang mengeluhkan penyerapan tenaga kerja, membludaknya partisipan acara job-search tetapi perusahaan pun kesulitan mendapatkan sumber daya manusia. Proses rekrutmen memang bisa dilakukan secara internal perusahaan, seperti pencarian melalui iklan di media massa maupun digital/online.

Selain memasang iklan, kantor/perusahaan dapat memanfaatkan & bekerjasama dengan perusahaan yang menjaring sumber daya secara langsung dan cukup massif seperti Karir.com, Jobsdb, Jobsearch termasuk memanfaatkan LinkedIn, dll. Perusahaan juga dapat melihat update perjalanan karir calon pelamar serta mendapatkan pembandingnya pada saat itu juga. Pola ini juga dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan perusahaan Job Hunter, termasuk seleksi/screening ‘awal’  seperti pengalaman dan administrasi standard.

Tahap selanjutnya, sebaiknya gunakan jasa assessment center, dengan berbagai simulasi tugas seleksi. Perhatikan tahapan dan jenis simulasi yang digunakan. Adakalanya perusahaan enggan menggunakan simulasi tugas lengkap dan memilih hanya tes potensi dasar (tertulis) dengan interview singkat, terutama untuk rekrutmen-seleksi level entry. Alasan terbanyak adalah biaya dan waktu. Jika marketing menjadi ujung tombak, sebaiknya pilih paket assessment center cukup lengkap seperti simulasi diskusi, presentasi, dan interview mendalam selain paper test.  Semua simulasi tersebut akan memperkuat atau memberikan gambaran pelamar dalam tindakan, tidak hanya potensi (yang mungkin belum tergali/berkembang). Diskusikan dengan assessor kompetensi utama yang diperlukan terkait dengan tugas dan iklim kerja sehingga mendapatkan rangkaian tes/tugas yang tepat pula.

Sementara, untuk menarik calon pelamar, mengingat banyaknya kebutuhan sumber daya marketing hamper di tiap industry, siapkan paket yang jelas dan konkret untuk mereka. Paket di sini tidak hanya informasi tugas utama, tetapi nilai khas dan lebih perusahaan, terutama proses jenjang status di perusahaan, kesempatan berkembang dengan contoh konkret. Usia dan latar belakang juga berpengaruh, jika tenaga marketing yang dicari ada pada level entry, maka perlu ditekankan pemenuhan kebutuhan mereka sebagai anak muda (pengalaman, bekal karir ke depan, nuansa kerja, dsb). Untuk level lebih tinggi, dengan usia memasuki tahap keluarga misalnya, biasanya pelamar akan mencari kemapanan financial, fleksibilitas waktu kerja (toleransi) – seperti untuk para ibu muda, jenjang karir, dsb.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan pun harus bersaing untuk mendapatkan sumber daya manusia. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Salam,
Ardiningtiyas P.