Apakah PKWT Berakhir Apabila Perjanjian Kerjasama dengan Perusahaan Berakhir?

Pertanyaan :

Saya HR di salah satu perusahaan di Kalimantan Timur. Dalam PKWT di perusahaan kami tertulis "Apabila perjanjian kerjasama PIHAK PERTAMA
(Perusahaan) dengan PT ABC berakhir sebelum masa kontrak dimaksud habis, maka secara otomatis PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU dengan Pihak Kedua dinyatakan berakhir"

Pertanyaan saya: apakah ini menyalahi aturan Tenaga Kerja? Mohon penjelasannya.


Jawaban :

Jawaban:

1. Ketentuan dalam PKWT yang berbunyi: "Apabila perjanjian kerjasama PIHAK PERTAMA (Perusahaan) dengan PT ABC berakhir sebelum masa kontrak dimaksud habis, maka secara otomatis PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU dengan Pihak Kedua dinyatakan berakhir"

2. Pasal 1320 KUHPdt mengatur tentang syarat sahnya suatu perikatan. Pasal tersebut menyatakan bahwa sahnya suatu perikatan adalah: Sepakat para pihak; Cakap para pihak; Adanya suatu hal tertentu; Sebab yang halal. Selanjutnya Pasal 1337 KUHPdt menyatakan tentang suatu sebab yang terlarang: Suatu sebab adalah terlarang apabila dilarang oleh undang-undang, atau bila berlawanan dengan kesusilaan atau ketertiban umum.

3.Pengertian ketertiban umum menurut para ahli hukum salah satunya adalah hal-hal yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.

4. Pasal 1335 KUHPdt menyatakan: Suatu perjanjian tanpa sebab, atau yg telah dibuat karena sebab yang palsu atau terlarang, tidak mempunyai kekuatan (hukum)

5. Klausula yang disebutkan dalam angka 1 di atas bertentangan dengan Pasal 62, UU No 13 tahun 2003 (silakan pelajari dengan seksama pasal tersebut).

Kesimpulan: meski para pihak sudah tandatangan pada PKWT, berdasarkan dasar-dasar hukum yang dikemukakan di atas maka klausula/ ketentuan yang bertentangan dengan Pasal 62, UU No 13 tahun 2003 tidak mempunyai kekuatan hukum (tidak berlaku).