TEKNIK PEMBUATAN SOP

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents:
One-day Practical Training
TEKNIK PEMBUATAN SOP
Menara kadin Lt 24, Jakarta
2 April 2009

Background

Guna merealisasikan Persyaratan Pelanggan menjadi Kepuasan Pelanggan, ada proses internalisasi organisasi yang dirumuskan dalam SOP.SOP memberikan jaminan Kepastian Mutu kepada pelanggan bahwa segala sesuatunya telah dirumuskan sejak awal
dan manajemen telah melakukan tindakan antisipatif.

SOP memuat langkah operasional guna menuntaskan suatu tugas dengan tepat guna dan tepat waktu serta tepat biaya, mengatur apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakan, kapan harus dilaksanakan, bagaimana mengerjakannya, melibatkan alat/peralatan apa, yang secara disiplin diterapkan, dan dievaluasi pada waktu-waktu tertentu dalam rangka improvement agar lebih efektif sdan efisien. Dan juga merupakan salah satu alat untuk menilai kinerja organisasi atau pun karyawan pelaksana.

Sasaran dan Manfaat
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:
&bull Memahami realisasi Persyaratan Pelanggan menjadi Kepuasan Pelanggan
&bull Memahami Struktur Dokumen menurut ISO
&bull Memahami dokumentasi proses kerja internal (SOP)
&bull Memahami peran strategis SOP

Garis Besar Program
&bull Proses Realisasi Persyaratan Pelanggan menuju Kepuasan Pelanggan
&bull Mengenali Komponen Proses dalam Realisasi Produk dan Jasa
&bull Dokuemntasi Komponen Proses Kerja Internal
&bull Konsep dan Desain SOP
&bull Contoh SOP
&bull Presentasi Kelompok dan Feedback

Methode Pelatihan
&bull Ceramah, diskusi kelompok

Peserta
&bull Manajer Pabrik, Manajer dan Supervisor Produksi, Manajer dan Supervisor Teknik/Perawatan, Manajer dan Supervisor Quality Control/Assurance, Management Representative (MR)

Investment Fee:

Rp 850.000 / peserta
Group Discount 10% untuk lebih dari 1 peserta dari Perusahaan yang sama

Training Leader:
Deki Djukanda

Deki Djukanda adalah seorang training center manager di sebuah perusahaan yang merupakan salah satu group dari group perusahaan multinasional terbesar di Indonesia. Beliau masuk dalam jajaran Governing Board SGS, Manager Management Representative (ISO) dan dan Manager Business Standard yang terbiasa melakukan penyusunan SOP. Beliau adalah sarjana teknik Universitas Indonesia yang telah memiliki pengalaman kerja sangat panjang di bidang set up organisasi, pembuatan SOP, TQM dan production. Beliau juga sering menjadi konsultan dan trainer untuk bidang HR (seperti performance management,dll) dan Quality (TQM) serta safety.