Pelaporan SPT pasca Sunset Policy

Institute for Advanced Learning and Education menyelenggarakan:

WORKSHOP PERPAJAKAN
“Pelaporan SPT pasca Sunset Policy”
Hotel Sofyan Betawi
Rabu, 4 Februari 2009
13.30 – 18.00 WIB

LATAR BELAKANG

Melalui UU Perpajakan yang baru yaitu UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum Perpajakan, pemerintah menerbitkan kebijakan Sunset Policy untuk memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk melakukan Pembetulan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2006 dan tahun-tahun sebelumnya (Pasal 37A UU No. 28 Tahun 2007). Sanksi Pajak yang timbul dari Pembetulan tersebut dihapuskan. Batas waktu mengajukan Pembetulan diberikan sampai dengan tanggal 31 Desember 2008 (Pengumuman Ditjen Pajak No. 02/PJ.09/2008) yang kemudian diperpanjang hingga 28 Februari 2009 melalui PERPU perpanjangan Sunset Policy. Adanya kebijakan Sunset Policy ini dan perpanjangannya tentunya menggembirakan bagi para pelapor pajak.

Di lain pihak, kebijakan ini berdampak terhadap penambahan wajib pajak baru dengan NPWP-nya. Hal menggembirakan sebenarnya bagi pemerintah dan secara tidak langsung bagi kita semua. Adanya sunset policy ini tentunya tidak boleh disia-siakan.Tapi harus cermat. Jangan terjebak! Bagaimana memanfaatkan fasilitas tersebut semaksimal mungkin? Bagaimana pula bagi para pelapor pajak dan wajib pajak baru dalam melaporkan dan membetulkan laporan pajaknya? Temukan jawabannya dalam workshop ini.

TUJUAN WORKSHOP

Memberikan pemahaman dan uraian lengkap tentang sanksi pajak yang dihapuskan dan pemanfaatan fasilitas sunset policy seoptimal mungkin.
Memberikan pemahaman dan menuntun peserta langkah demi langkah bagaimana melaporkan dan membetulkan SPT Tahunan.

TARGET & SASARAN PESERTA

Target peserta pelatihan ini adalah maksimal 40 (empat puluh) peserta), dengan sasaran peserta yang meliputi pemilik usaha, praktisi perpajakan, pegawai/karyawan yang menangani perpajakan, pemilik NPWP baru, dan seluruh wajib pajak secara umum.

WAKTU & TEMPAT PELATIHAN

Pelatihan ini akan diselenggarakan pada:
Hari: Rabu, 4 Februari 2009
Pukul: 13.30 – 18.00 WIB
Tempat: Hotel Sofyan Betawi

MATERI PELATIHAN

Materi Pelatihan ini terbagi menjadi 2 (dua) sesi yang meliputi:

SESI I
Pemanfaatan Fasilitas Seoptimal Mungkin:

  • Selayang pandang perpajakan & sunset policy
  • Insentif atau stimulus yang ditawarkan sunset policy
  • Penghapusan Sanksi Pajak
  • Penghapusan Sanksi melalui Pembetulan

SESI II
Pelaporan & Pembetulan SPT Tahunan

  • Bagaimana menyusun laporan/SPT yang baik
  • Tax review menuju pembetulan & Proses pembetulan SPT
  • Restitusi setelah pembetulan
  • Strategi pemanfaatan restitusi setelah pembetulan

PENGAJAR

Pengajar pelatihan ini adalah Bapak Wibowo Mukti, yang merupakan konsultan & praktisi perpajakan berpengalaman dan juga Direktur pada kantor konsultan pajak PT Ambalan Handal Prakarsa.

METODE WORKSHOP

Materi inti training yang didesain dengan menggunakan pendekatan TTC yaitu Teaching Training – Coaching sehingga seluruh penyampaian program menjadi FIT : Fast, Instant dan Trend

INVESTASI

Investasi Workshop Rp. 600.000,- (sudah termasuk: Workshop kit, sertifikat, & coffee break). Pembayaran tranfer ke: Bank BCA No. AC: 687 047 6874 atas nama Dewi Sundari.
Bukti pembayaran harap di fax ke 021-794 8684