PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Target Digital Solusindo Menyelenggarakan

PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Setiap Peserta diharapkan membawa laptop Untuk Praktik

BACKGROUND
Payroll administration system merupakan implementasi kompensasi dari Human Resources Management System. Masalah utama yang dibahas adalah tentang upah ( gaji ) dan tunjangan. Bagaimana menghasilkan laporan gaji bersih dari setiap karyawan, baik secara individual ataupun secara keseluruhan dengan cepat dan tepat dari sejumlah komponen-komponen perhitungan seperti : golongan, masa kerja, jabatan, jam kerja, pinjaman, tunjangan-tunjangan, jamsostek dan pajak penghasilan (Pph pasal 21).

Proses perhitungan di atas berikut dengan hasil pelaporannya apabila dilakukan secara konvensional (manual) akan terasa menjemukan. Karena data harus dicatat atau diproses berulang-ulang. Sehingga informasi yang sangat dibutuhkan menjadi terlambat untuk disajikan.

Dalam era teknologi informasi ini, untuk perusahaan yang ingin maju dan berkembang agar terhindar dari kerugian, baik kerugian waktu akibat keterlambatan dalam mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan dan kerugian dalam mendapatkan laporan yang tidak valid, maka mau tidak mau, perusahaan tersebut harus menggunakan aplikasi administrasi penggajian yang terintegrasi dengan master data employee, matrix salary dan daily absence. Sehingga dapat diarahkan sebagai salah satu tujuan untuk memuaskan karyawan.

OBJECTIVES
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :
1. Mengetahui & memahami definisi , metode dan system kompensasi.
2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah.
3. Mengetahui pedoman penetapan tingkat upah.
4. Mengetahui & memahami penggunaan struktur dan skala upah.
5. Mengetahui & memahami komponen gaji (upah), tunjangan dan iuran wajib.
6. Mengetahui & memahami cara menghitung jumlah gaji.
7. Mengetahui & memahami cara menghitung upah lembur.
8. Mengetahui & memahami cara menghitung pajak penghasilan (Pph Pasal 21) untuk karyawan tetap.
9. Mengetahui & memahami konsep Payroll Administration System, konfigurasi dan ilustrasi prosesnya.
10. Mengetahui & memahami penggunaan dari software Payroll Administration system
11. Melakukan proses penyelesaian studi kasus berdasarkan departement masing-masing

LEAD FACILITATOR
ERAWAN SUPRIATNA, S. KOM

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain di PT. Asiana IMI Industries, Tbk., PT. COMBIPHAR, di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company). Pernah menjabat sebagai Manager EDP dan Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Direktur di PT. Target Digital Solusindo. Beliau juga pernah memberikan pelatihan sebagai berikut : Mastering Microsoft Excel 2007 : Beyong Basic For Office Automation, Powerfull Data Analysis & Dashboard Reporting with Ms. Excel 2007, COBOL Programming, RPG Programming, FORTRAN Programming, RDBMS With SQL 2000, System Analyst and Design, VB6 Database programming, VF9 Database Programming, IT Security, ITIL, COBIT, dan lain-lain. Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping dan NLP di bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah, pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

TRAINING METHOD
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.
1. 25% Theory
2. 75% Practices
3. Dynamic and interactive training presentation

TRAINING SYLLABUS
1. DEFINISI KOMPENSASI
2. METODE – METODE KOMPENSASI
3. SISTEM KOMPENSASI
4. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN UPAH.
5. PEDOMAN PENETAPAN TINGKAT UPAH.
6. STRUKTUR DAN SKALA UPAH ( MATRIX SALARY )
7. KOMPONEN GAJI, TUNJANGAN DAN IURAN WAJIB.
8. MENGHITUNG JUMLAH GAJI.
9. MENGHITUNG UPAH LEMBUR.
10. MENGHITUNG PAJAK PENGHASILAN (PPH PASAL 21) UNTUK KARYAWAN TETAP.
11. GAMBARAN UMUM PROSES – PROSES DARI PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM.
12. TAHAPAN – TAHAPAN PENGGUNAAN APLIKASI PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM.
13. STUDI KASUS.
14. EVALUASI TRAINING.

WHO SHOULD ATTEND

Staff atau Leader yang berkepentingan terhadap proses pembuatan atau menerima hasil dari Payroll Administration System.

Date
17-18 May, 2010, 08.30 – 16.30
Venue
Estubizi Business Center / Accacia Hotel
Investment/Person : Rp 2.950.000,- ( Full Fare )

MENERIMA PROGRAM IN HOUSE TRAINING TERKAIT DENGAN MATERI DIATAS ATAU MATERI TRAINING IT LAINNYA YANG DIBUTUHKAN OLEH PERUSAHAAN ANDA