MENDESAIN KURIKULUM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents:
Two day Practical Training
MENDESAIN KURIKULUM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
Menara Kadin Lt 24, Jakarta
1-2 Maret 2009

Background:
Pendekatan kompetensi dalam kebijakan pengembangan SDM (Competency-base Human Resources Development) memiliki konsekuensi pemanfaatan kompetensi sebagai dasar bagi seluruh program pengembangan SDM di perusahaan, salah satunya adalah program pelatihan dan pengembangan karyawan.
Dalam menyusun kurikulum pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi (Competency-based Curriculum) perlu terlebih dahulu mempelajari strategi bisnis perusahaan serta business competencies untuk memahami profil kompetensi (competency profile) yang ada di seluruh pekerjaan di perusahaan.
Seseorang dianggap perlu untuk dilatih atau dikembangkan lebih lanjut apabila terdapat gap antara kompetensi yang dimilikinya dengan competency profile yang dipersyaratkan dalam pekerjaannya saat ini atau pekerjaan yang akan disandangnya di masa depan.
Mendesain kurikulum pelatihan dengan basis kompetensi berarti menggunakan competency profile sebagai dasar untuk melakukan analisa kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis/TNA) yang hasilnya adalah menetapkan Success Profile dari setiap pekerjaan yang selanjutnya dipakai untuk menentukan silabus dan kurikulum pelatihan yang akan disusun.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan dalam mendesain silabus dan kurikulum pelatihan dengan menggunakan basis profil kompetensi.

Topic Program:
Konsep Kompetensi Dalam Pengembangan SDM di perusahaan.
Aligning Business Strategy and Business Competencies to Competency Profile.
Kaitan Program Pelatihan Pengembangan Dengan Program Manajemen SDM Lainnya.
Training Needs Analysis dengan menggunakan Competency Profile sebagai basis.
Menyusun Struktur Kurikulum dan Silabus Pelatihan Berdasar Hasil TNA
Merumuskan Tujuan dan Sasaran Pelatihan
Menentukan Metode Pelatihan
Menentukan Media dan Alat Bantu Pelatihan
Menentukan Metode Evaluasi Pelatihan

Investment Fee:
Rp 2.500.000 (+ PPN 10%)/peserta
Group Discount 10% untuk lebih dari 1 peserta dari Perusahaan yang sama

Fasilitator/Trainer
R. Chandra
R. Chandra telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. Sebagai konsultan, R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di sebuah perusahaan konsultan manajemen yang berada dibawah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional. Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya.
R. Chandra telah terlibat dalam berbagai proyek di banyak perusahaan baik BUMN, swasta nasional, maupun multinasional, dalam berbagai program pengembangan HR seperti Assessment Center, perumusan HR Blueprint, Compensation & Benefit System (termasuk Job Evaluation dan Job Grading), Competency-based HR Management System, Career Planning (Growth Model), Performance Management, Organization Development (termasuk penyusunan Job Description), Capacity Planning, HR Management Audit, dan Team Building. Sejak 5 tahun terakhir, R. Chandra secara aktif telah memberikan berbagai pelatihan di bidang HR, baik secara individual maupun melalui perusahaan yang menyangkut materi-materi tersebut

Johnnie Susanto
Johnnie adalah seorang kepala hr di sebuah perusahaan yang merupakan salah satu group dari group perusahaan multinasional terbesar di Indonesia. Beliau adalah master di bidang management dan lulusan psychology UI. Dia ahli dalam set up organization,developing competency model for HR Management and competency program, training delivery, set up career planning program, developing and maintain performance management to assure people performance, developing and deploying falsafah /values, hr administration an industrial relation, and consultan for strategic plan.