MAN POWER PLANNING

Selnajaya Training Center Menyelenggarakan :

MAN POWER PLANNING
Jumat , 25 APRIL 2009
09.00 – 17.00 WIB
Selnajaya Training Center – Gedung Mid Plaza 1 Lt. 8
Jl. Jenderal Sudirman Kav 10 – 11 . Jakarta

LATAR BELAKANG

Salah satu titik kritis dan strategis dalam pekerjaan HRD adalah melakukan perencanaan di bidang SDM, mulai dari perencanaan SDM (HR Planning) dan perencanaan kebutuhan SDM (man power planning). MPP mendasari berbagai kegiatan HRD lain seperti recruitment, training, career development.
HR Planning atau man power planning bagi sebuah perusahaan dapat dilihat dari sudut pandang makro (Makro MPP) yakni kebutuhan SDM dalam skala organisasi serta kebutuhan SDM dalam skala yang lebih kecil yakni di tingkat departemen atau bagian (mikro MPP). Selanjutnya perhitungan Makro dan mikro MPP tidak akan lepas dari analisis beban kerja (work load analysis). Apakah analisa beban kerja itu dan bagaimana kerjanya ? Analisanya cukup sederhana, pembagian beban kerja pada setiap individu/group akan mempengaruhi Man Power Planning sehingga berpengaruh pula dalam recruitment baik internal maupun eksternal dan akhirnya pada corporate planning. Bahkan pada Business Process Re-engineering (BPR), workload analysis cukup mendapat perhatian yang serius karena pada prinsipnya bertujuan untuk membuat proses organisasi lebih efektif dan efisien.
Karena strategisnya MPP dan workload analysis, maka kami menyajikan workshop yang akan membantu peserta dalam menganalis beban kerja secara komprehensif, step by step, mulai dari persiapan sampai penyajian laporannya sehingga layak untuk konsumsi user.

TUJUAN TRAINING

1. Peserta memahami dasar-dasar pemikiran dalam analisa proses bisnis, analisas efektifitas organisasi, analisa beban kerja dan kaitannya dengan perencanaan tenaga kerja.
2. Peserta memiliki kemampuan untuk menentukan kebutuhan tenaga kerja pada tahun tertentu untuk mengurangi atau mereduksi kesalahan-kesalahan dalam merekrut atau mengurangi jumlah karyawan.

MANFAAT TRAINING

Dengan adanya training ini, maka manfaat yang bisa diperoleh oleh perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Dapat menganalisa efektifitas proses bisnis dan organisasi melalui tool : analisa efektivitas organisasi dan analisa proses bisnis dikaitkan dengan analisa beban kerja setiap individu.
2. Dapat menentukan jumlah tenaga kerja secara akurat dengan mempertimbangkan setiap faktor yang berpengaruh sehingga produktivitas selalu terjaga.
3. Perusahaan dapat memiliki model produktivitas tenaga kerja yang dapat dipergunakan sebagai acuan dalam usaha memenangkan persaingan bisnis.

CONTENT TRAINING :
a. Mengapa Manpower Planning penting
b. Prinsip dasar HR Planning
c. Prinsip Dasar MPP
d. Makro MPP
e. Mikro MPP
f. Prinsip-prinsip dasar workload analysis
g. Fungsi dan kegunaan workload analysis:
– Beban kerja per individu / Unit kerja
– Man Power planning
– Reenginering Business process
– Efisiensi
h. Latihan-latihan menghitung workload analysis

TARGET PESERTA :
a. Manager dan Supervisor HRD
b. Manager dan supervisor PPIC, Production planning atau pihak yang merencanakan kebutuhan manpower
c. Line Manager

METODE TRAINING :
Penjelasan Konsep , Studi Kasus dan Tanya Jawab, Sharing contoh aplikasi , Simulasi excel MPP

TRAINER
Irene Myrtasanti , M. Psi.

HR Practitioner, Consultant & Trainer
Finalis HR Future Leader Tahun 2006 versi Majalah Swa – LMUI dengan pengalaman yang mendalam mengenai dunia Human Resource Management, Learning & Development.
Beberapa topic training yang dikuasainya antara lain Competency Base Human Reosurce Management (CBHRM), Organizational Development, Recruitment & Selection, Man Power Planning, Career Path, Training Need Analysis, Talent Management, Balanced Scorecard, dan Topik – topik yang berhubungan dengan Aspek Human Resource.
Sebagai Consultant dan Trainer untuk Publik & Inhouse training kepada perusahaan – perusahaan seperti Pertamina, Adidas Group, Perumnas, Pupuk Kaltim, EXPERD, Dcost, Menara Kadin Indonesia, dan beberapa perusahaan lain.

TIME & VENUE
Jumat , 25 APRIL 2009
Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Selnajaya Training Center – Gedung Mid Plaza 1 Lt. 8
Jl. Jenderal Sudirman Kav 10 – 11 . Jakarta

INVESTASI
Rp. 1.200.000,- ( Harga Normal )
Dapatkan harga early bird Rp.1.000.000,- untuk pembayaran sebelum tanggal 21 April 2009.
Pendaftaran dibuka hingga tanggal 24 April 2009
Daftar lebih dari 5 peserta, gratis 1 orang ( tidak berlaku untuk kelipatannya )