Making Corporate Board More Effective Based on Good Corporate Governance

IALE menyelenggarakan:

SERIAL WORKSHOP GCG
MAKING CORPORATE BOARD MORE EFFECTIVE BASED ON GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Estubizi Business Centre
Setiabudi Building 2 Lantai 1
Jakarta – Kuningan
22-23 Desember 2009

Latar Belakang

Good Corporate Governance adalah suatu praktik pengelolaan perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders. Hal tersebut merupakan praktik yang sangat diharapkan oleh investor dari manajemen perusahaan, mengingat bahwa pada dasarnya GCG berlandaskan pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, fairness bagi seluruh stakeholders dan bertanggung jawab sebagai good corporate citizen. Dengan implementasi GCG, maka pengelolaan sumberdaya Perusahaan diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan Perusahaan dan memperhatikan stakeholders approach.

Salah satu bagian penting dalam GCG adalah Board, baik Dewan Komisaris maupun Direksi. Peranan mereka sangat penting dalam menunjang keberhasilan implementasi GCG. Peran yang tidak mudah dan membutuhkan skills dan kompetensi baik secara individu maupun teamwork. Seringkali dijumpai, peranan Boards yang tidak efektif, disebabkan kurangnya pemahaman akan tugas, hak, kewajiban dan wewenang dari Boards itu sendiri.

Untuk meningkatkan pengetahuan teoritis dan kemampuan tentang Boards dan menciptakan Boards yang efektif berbasis GCG maka IALE sebagai perusahaan penyedia pelatihan berkualitas menyelenggarakan 2 Days Workshop dengan judul :

MAKING CORPORATE BOARDS MORE EFFECTIVE BASED ON GCG PRINCIPLE

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Workshop adalah :

  1. Peserta dapat memahami konsep dasar Good Corporate Governance (GCG)
  2. Peserta memiliki pemahaman tentang konsep Dewan Komisaris dan Direksi berbasis GCG
  3. Peserta dapat memahami cara membentuk Boards yang efektif
  4. Memahami parameter-parameter penyebab terjadinya Boards yang tidak efektif

Materi

Untuk mencapai tujuan pelatihan di atas maka materi workshop ekskusif ini disusun dalam beberapa materi sebagai berikut:

Modul I.
– GCG Awareness: Pemahaman Komprehensif GCG

Modul II.
– GCG Infrastructure: Kupas Tuntas Aspek Dewan Komisaris dan Direksi

Modul III.
– How to Make Corporate Boards More Effective

Modul IV.
– Studi Kasus

Modul V
– Simulasi dan Brainstorming

Peserta
Workshop Ekskusif ini sangat tepat bagi:

  1. Dewan Komisaris
  2. Direksi
  3. Pejabat 1 (satu) level di bawah Direksi
  4. Anggota Komite-komite
  5. Masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang peranan Boards

Metode Workshop
Metode berikut ini akan dipergunakan dalam pelatihan ini:

  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Studi Kasus
  4. Simulasi

Investasi :
Normal Price : Rp. 3.000.000,-
Early Bird : Rp. 2.500.000,- (Pembayaran sampai dengan tanggal 14 Desember 2009

Account Transfer :
Bank Central Asia
No. Rekening: 6870476874
Atas nama: Dewi Sundari
Cabang: Tebet

Narasumber

Narasumber merupakan para pakar di bidangnya yaitu:

– Mohamad Fajri M.P,S.H,M.Kn (Senior Consultan GCG)

Mohamad Fajri, MP, SH, M.Kn memiliki spesialisasi pada bidang Good Corporate Governance (GCG), khususnya pada aspek kepatuhan (compliance) terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. Hal tersebut ditunjang dengan latar belakang pendidikan sebagai Sarjana Hukum dan Magister Kenotariatan yang memiliki kapabilitas untuk menerapkan GCG beserta perangkatnya dalam perusahaan secara tepat. Mohamad Fajri telah berpengalaman menangani assessment GCG pada lebih dari 20 Perusahaan. Mohamad Fajri juga tercatat menjadi Senior Consultant GCG pada beberapa perusahaan. Selain sebagai konsultan, Mohamad Fajri juga menjadi narasumber pada berbagai workshop dan aktif menulis tentang implementasi GCG dengan segala aspeknya pada beberapa media massa. Saat ini baru menerbitkan buku tentang implementasi GCG bersama dengan Wilson Arafat berjudul Smart Strategy for 360 degree GCG.

– Harry Alexander, SH,MH,LL.M (Policy Director WCS / Executive Director POLIGG)

Harry Alexander, SH,MH,LL.M adalah salah satu ahli hukum bisnis dan hukum perusahaan. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mengawali karir sebagai peneliti hukum pada Institut Hukum Sumberdaya Alam, meneliti berbagai hal di bidang hukum dan governance. Harry kemudian menjelajah ke Amerika untuk melanjutkan studi di Lewis & Clark (Northwestern) School of Law. Harry Alexander telah melahirkan sejumlah buku di bidang perancangan peraturan daerah dan good governance. Sejumlah artikel dan karya tulisnya pun dimuat diberbagai media massa. Harry Alexander saat ini dipercaya sebagai Policy Director pada WCS (Wildlife Conservation Society), NGO internasional. Di WCS Harry bertugas membuat berbagai kebijakan dan program di WCS. Selain itu Harry juga aktif sebagai Direktur Eksekutif POLIGG (Policy & Law Institute for Good Governance) yang bergerak di bidang kajian hukum, good corporate governance dan kebijakan publik.