KNOWLEDGE MANAGEMENT

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents:
A-Two day Practical Training
KNOWLEDGE MANAGEMENT
Menara Kadin, Lt 24 Jakarta
28-29 Oktober 2009

Background

Pada masa lalu, banyak perusahaan mengandalkan modal konvensional seperti sumber daya alam, sumber daya keuangan dan aktiva fisik lainnya. Berbagai perubahan dan perkembangan baik di tingkat lokal maupun global menyebabkan sejumlah kendala dalam mengakses modal konvensional tersebut. Banyak perusahaan akhirnya merugi, terpaksa merger atau bahkan harus tutup.

Di sisi lain, ada sejumlah perusahaan seperti Microsoft, Yahoo, Google, Intel, dan sebagainya yang berkembang pesat dan memperoleh penghargaan dari pasar. Padahal, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki aktivitas berwujud yang relatif kecil dan terbatas dalam laporan keuangannya. Hal ini menunjukkan adanya “intangible assets” di dalam perusahaan.

Di antara sejumlah “intangible assets”, sumber daya manusia, merupakan aset penting dan utama dalam sebuah perusahaan. Bukan karena keberadaan fisiknya, terutama karena pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Karena itu, sumber daya manusia juga disebut sebagai “intellectual capital”.

Banyak dana yang disediakan dan dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusianya, baik untuk program magang, pelatihan, pendidikan dan sebagainya. Namun investasi yang relative besar tersebut tidak jarang menjadi “hilang begitu saja” ketika seseorang berhenti bekerja, baik karena pensiun maupun pindah kerja.

Knowledge Management antara lain dikembangkan dan berkembang karena adanya kebutuhan untuk mengoptimalkan pemanfaatan pengetahuan yang diperoleh melalui investasi atas peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Selain itu, Knowledge Management juga ditujukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan “intellectual capital” yang dimilikinya untuk bertahan dan berkembang di era persaingan yang begitu ketat saat ini.

Tujuan Pelatihan

Memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para peserta agar mengetahui prinsip-prinsip dan aplikasi Knowledge Management dalam organisasi/perusahaan, khususnya dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia di organisasi/perusahaan Dengan pengetahuan tersebut, peserta diharapkan dapat menyusun proyek Knowledge Management sederhana untuk dapat diaplikasikan di tempat kerjanya masing-masing.

Topik Pelatihan
&bull Knowledge Management & HR Management
&bull Nature & Typologies of Knowledge
&bull Knowledge Sharing Practice
&bull Knowledge Management Technology
&bull Knowledge Management System
&bull Knowledge Management in Indonesia
&bull Knowledge Management Project
&bull Knowledge Management Project Assignment

Lama Pelatihan
2 hari (8 sesi @ 90 menit efektif).

Metode Pelatihan
Ceramah, Diskusi, Simulasi, Latihan

Investment Fee:
Rp 2.750.000 /peserta
Group Discount 10% untuk lebih dari 1 peserta dari
Perusahaan yang sama

Training Leader :
Harez Posma Sinaga

Harez Posma Sinaga adalah alumni fakultas psikologi UI.Semasa kuliah telah meniti karir di bidang system informasi. Sejak lulus pada tahun 1989 berkecimpung di Lembaga Psikologi Terapan UI, hingga dipercaya menjadi Kepala Divisi Penelitian dan Konsultansi Perusahaan. Pada tahun 1994, diangkat menjadi Kepala Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Penelitian Psikologis (LPSP3 UI). Selepas dari LPSP3 UI, berwiraswasta dan menjadi psikolog mandiri dan menjadi konsultan di berbagai lembaga/organisasi. Minat pada bidang psikologi industri dan organisasi diperdalamnya pada program pasca sarjana.

Knowledge Management adalah bidang yang sangat diminati oleh Harez Posma Sinaga. Pada bidang tersebut, ditemui perpaduan antara psikologi dengan sistem informasi, bidang-bidang yang telah lama diminati dan ditekuninya.