Exploring Organization: Using Qualitative Methods

Membuka tahun 2007 Asosiasi Psikologi Industri & Organisasi (APIO) meneguhkan komitmennya untuk menjadi asosiasi profesi yang senantiasa peduli untuk menyelenggarakan kegiatan continuing education & professional development di bidang Psikologi Industri & Organisasi. Dan kali ini APIO mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan workshop berikut.
APIO One Day Workshop
Exploring Organization: Using Qualitative Methods
Jakarta, LPT-UI Salemba, Friday, 2nd February 2007
Latar Belakang
Kritik terhadap metode kuantitatif menurut beberapa penulis mutakhir: hasil penelitian kuantitatif tidak memberikan ‘makna’ atau ‘meaning’ serta kedalaman pemahaman mengenai apa yang sesungguhnya terjadi di dalam organisasi (dan individu-individu) yang berada dalam organisasi. Penelitian di bidang PIO saat ini sangat memerlukan pemahaman dan cara pendekatan yang menyeluruh mengenai bagaimana mengkaji isu-isu PIO yang sifatnya kompleks dan terus berkembang. Para konsultan maupun peneliti di bidang PIO tidak dapat lagi hanya mengandalkan pendekatan penelitian kuantitatif, i.e. eksperimen dan survey dalam melakukan risetnya. Pendekatan penelitian kuantitatif tidak lagi mampu memuaskan. Oleh karena itu, saat ini mereka mencoba mengenali potensi pendekatan penelitian kualitatif untuk digunakan dalam memahami permasalahan-permasalahan dan fenomena perilaku dalam konteks organisasi.
Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif untuk Mengeksplorasi Organisasi Workshop ini diarahkan pada upaya untuk lebih mendalami bagaimana aplikasi penelitian kualitatif dalam bidang PIO. Melalui workshop ini peserta belajar memahami pendekatan penelitian kualitatif yang merupakan satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memahami dan menjelaskan fenomena perilaku dalam situasi alamiahnya. Pendekatan ini diarahkan untuk mengkaji dan menginterpretasi fenomena empiris dari berbagai sumber, terutama sumber primer, dengan menggunakan berbagai macam cara pengumpulan data: observasi, catatan-catatan harian, agenda rapat, foto dan gambar, wawancara, dll.
Dengan demikian, peserta diusahakan untuk memahami bagaimana makna suatu fenomena menurut mereka (i.e. partisipan) yang mengalaminya secara langsung. Proses pemahaman ini akan bermuara pada upaya peserta untuk merekonstruksi fakta pengalaman responden menjadi teori atau konsep yang dapat digunakan untuk menjelaskan secara lebih mendalam dinamika serta konteks perilaku yang diteliti.
Manfaat yang akan Anda peroleh melalui Workshop ini:
-Pemahaman pengertian-pengertian dasar pendekatan penelitian kualitatif dalam memahami perilaku individu dalam konteks kerja,
-Bagaimana proses penelitian kualitatif seharusnya dilakukan
-Mengkritisi reliabilitas dan validitas penelitian kualitatif
-Kajian ethical code of conduct peneliti kualitatif
-Beberapa jenis pendekatan kualitatif, seperti biography, case study, ethnography, phenomenology, dan grounded theory
-Penggunaan in-depth interview untuk mendalami fenomena perilaku kerja
-Penggunaan secara lebih mendalam grounded theory approach dan mencoba melakukan analisis data dan interpretasi dengan menggunakan pendekatan ini
-Bagaimana kerangka penyusunan hasil penelitian kualitatif.
Jadual Workshop Exploring Organization: Using Qualitative Methods
Agenda
08.00 – 08.30 Registration and breakfast
08.30 – 09.00 Introduction to research methodology: Sensing the different agenda in research processes
09.00 – 10.00 Qualitative Research Design in brief: Biography, Case Study, Ethnography, Phenomenology, and Grounded Theory
10.00 – 11.00 Understanding the method of Inquiry: Interview as a way of knowing
11.00 – 12.00 Subjectivity and ethical behavior in conducting qualitative research 
12.00 – 13.30 Ishoma
13.30 – 15.00 Grounded theory: Data analysis and interpretation
15.00 – 16.00 Issues of validity, reliability, sampling, and generalization of research findings
Coffee break
16.00 – 17.00 Writing-up a research report: a Framework

Investasi
Rp. 600.000,- per orang, termasuk coffee-break, makan siang, material kit dan sertifikat.
Anggota APIO diskon 10% (jika telah melunasi iuran Anggota APIO tahun 2006).
Instansi/Perusahaan yang mengirim 3 (tiga) orang atau lebih mendapat diskon 10%.

Early bird
Rp. 550.000,- per orang (pendaftaran sebelum tanggal 19 Januari 2007, pembayaran sebelum tanggal 26 Januari 2007)

Payment to BCA Cab.Kenari a.n. B.K Indarwahyanti Graito
Account Number 068.3002132

Facilitator
Fathul Himam, Ph.D adalah seorang dosen, peneliti dan konsultan organisasi. Ia adalah Sarjana Psikologi UGM, Magister Psikologi I/O dari UI dan MA dari Iowa, serta Ph.D dalam bidang HRD dari University of Nebraska-Lincoln, Nebraska, USA (2002). Ia berpengalaman meneliti dan melakukan konsultansi a.l untuk perusahaan Petro China dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disebut meta-ethnography untuk memahami strategi adaptasi individu dan organisasi menghadapi perubahan. Sampai sekarang ia menjadi konsultan SDM di BAPPENAS dan Pembantu Dekan bidang Akademik di Fakultas Psikologi UGM – banyak memberikan pelatihan metode kualitatif khususnya untuk diterapkan di bidang Psikologi Industri & Organisasi.
FOR FURTHER INFORMATION PLEASE CONTACT
SUNDARI – 0813 1097 2689, (flexi) 6868 5989 or BERTINA 0812 845 7085
Tel. 021-788 49109 Fax. 021-787 0852