COMPETENCY PROFILING

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents:
A-Two day Practical Training
COMPETENCY PROFILING
Menara Kadin, Lt 24 Jakarta
15 – 16 Juni 2009

Pengelolaan dan pengembangan SDM di dalam organisasi perusahaan pada intinya berfokus pada 2 aspek yakni, sumber daya manusia dan pekerjaan yang dilakukannya. Oleh karena itu menjadi sangat penting bagi para pengelola SDM untuk memiliki informasi yang lengkap dan akurat bukan hanya mengenai SDM, namun juga mengenai setiap posisi jabatan yang ada di organisasi perusahaan. Bahkan dapat dikatakan informasi mengenai pekerjaan merupakan data pokok dalam pengelolaan dan pengembangan SDM perusahaan.
Pada masa-masa sebelum ini analisis mengenai posisi jabatan telah dilakukan orang secara meluas dengan berbagai versinya yang dikenal dengan istilah Analisa Pekerjaan (Job Analysis). Istilah ini masih populer sampai sekarang, bahkan dengan pendekatan kompetensi yang merupakan pendekatan mutakhir dalam bidang manajemen SDM istilah Job Analysis ini tetap digunakan.
Competency profiling merupakan metode Job Analysis yang menggunakan basis pengukuran kompetensi. Disebut competency profiling oleh karena setiap posisi jabatan dianggap sebagai suatu profil atau format yang berisi tugas-tugas, tanggungjawab dan wewenang yang spesifik yang merupakan gambaran kompetensi yang membedakannya dengan posisi jabatan lain. Sehingga gambaran atau rumusan kompetensi suatu posisi jabatan disebut juga competency profile, sedang pengukuran atau pemetaan kompetensi jabatan disebut sebagai competency profiling.

Tujuan Pelatihan

Memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para peserta agar mampu menganalisa pekerjaan (job analysis) serta menyusun uraian jabatan (job description) dengan menggunakan basis pengukuran kompetensi.
Topik Pelatihan
• Konsep Kompetensi dan Kaitannya Dengan HR Strategic Management
• Jenis Kompetensi Jabatan
• Metode Analisa Jabatan dan Kompetensi
• Metode Analisa Kompetensi
• Proses Analisa Kompetensi
• Latihan Ketrampilan

Lama Pelatihan
2 hari (14 sesi @ 60 menit efektif).

Metode Pelatihan
Ceramah, diskusi, simulasi/skill practice (25% konsep, 75% praktek).

Investment Fee:
Rp 2.750.000 /peserta
Group Discount 10% untuk lebih dari 1 peserta dari
Perusahaan yang sama

Training Leader :

R. Chandra
R. Chandra telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. Sebagai praktisi, R. Chandra memulai karirnya sebagai Asisten Manajer Personalia di sebuah perusahaan BUMN kemudian berpindah-pindah tempat kerja sampai terakhir menduduki posisi jabatan Organization & HR Director di sebuah perusahaan nasional yang bergerak dalam
bidang ekspor-impor. Sebagai konsultan, R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di sebuah perusahaan konsultan manajemen yang berada dibawah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional. Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya.
R. Chandra telah terlibat dalam berbagai proyek di banyak perusahaan baik BUMN, swasta nasional, maupun multinasional, dalam berbagai program pengembangan HR seperti Assessment Center, perumusan HR Blueprint, Compensation & Benefit System (termasuk Job Evaluation dan Job Grading), Competency-based HR Management System, Career Planning (Growth Model), Performance Management, Organization Development (termasuk penyusunan Job Description), Capacity Planning, HR Management Audit, dan Team Building. Sejak 5 tahun terakhir, R. Chandra secara aktif telah memberikan berbagai pelatihan di bidang HR, baik secara individual maupun melalui perusahaan yang menyangkut materi-materi tersebut