COMPETENCY BASED SELECTION INTERVIEW

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents:
A-Two day Practical Training
COMPETENCY BASED SELECTION INTERVIEW

27-28 April 2010
Menara Kadin, Lt 24 Jakarta
Fee: Rp. 2.750.000,-
Trainer: Rilzan Chandra

PENGANTAR
Proses Recruitment adalah proses kritikal yang merupakan mata rantai dari pengelolaan SDM di organisasi perusahaan. Di dalam proses recruitment itu sendiri, interview mengambil peran penting dalam membuat keputusan untuk mengambil seorang kandidat menjadi karyawan perusahaan.

Banyak kejadian dimana karyawan yang masuk kedalam organisasi perusahaan tidak dapat berkinerja dengan baik dan di satu sisi lain, si karyawan tidak merasa cocok dengan kultur budaya perusahaan tempat bekerja. Hal ini disebabkan karena banyak manager lini yang melakukan interview sebagai salah satu prasyarat dalam recruitment proses tidak memiliki standar teknik interview.

Tujuan
• Membekali peserta untuk dapat mengetahui proses rekrutmen yang baik dan dapat menjalankan proses tsb sejalan dengan bisni proses perushaan.
• Meningkatkan kemampuan para peserta dalam menggali, mengumpulkan dan menyimpulkan data, fakta atau informasi yang diperlukan dalam merekrut calon karyawan.
• Mengevaluasi informasi untuk dapat mengambil keputusan apakah calon karyawan sesuai dengan syarat dan spesifikasi jabatan yang akan diisi.
• Setelah mengikuti program pelatihan ini juga, peserta diharapkan mampu melakukan wawancara, mengevaluasi informasi dan membuat rekomendasi.

Peserta
Para Manajer atau Supervisor yang dalam pekerjaannya melakukan proses recruitment mulai dari identifikasi posisi kosong, mencari kandidat, memilih kandidat, melakukan wawancara, memberikan rekomendasi dan laporan untuk rekrutmen.

Metodologi
Kuliah dalam kelas dengan best practices, studi kasus dan latihan memilih CV dan ketrampilan wawancara, diskusi, umpan balik.

Silabus

Introduksi
• Proses rekrutmen
• Hubungan dengan kebutuhan bisnis perusahaan, pengembangan organisasi dan manpower planning
• Tahapan rekrutment dan bisnis process nya
• Masalah umum dalam rekrutmen
• Kebijaksanaan dan prosedur rekrutmen

Analisa jabatan
• Profil jabatan, Deskripsi jabatan dan persyaratan jabatan
• Menetapkan dimensi, Menyusun dimensi
• Menyusun pertanyaan

Teknik dan struktur wawancara: Dont s & Do s

• Teknik wawancara untuk rekrutmen
• Pembukaan, proses dan menutup wawancara
• Menangani dan menyimpulkan jawaban

FACILITATOR
R. Chandra – telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. Sebagai praktisi, R. Chandra memulai karirnya sebagai Asisten Manajer Personalia di sebuah perusahaan BUMN sampai terakhir menduduki posisi jabatan Business Development Director di sebuah perusahaan multinasional yang di bidang edukasi. Sebagai konsultan, R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional. Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection Interview, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya.
R. Chandra telah menjadi Project Leader di berbagai proyek di BUMN, swasta nasional, maupun multinasional, untuk program-program seperti Assessment Center, penyusunan HR Blueprint, Job Evaluation & Remuneration System, Competency-based HR Management System, Career Planning, Performance Management, Competency Profiling, Capacity Planning, HR Management Audit, dan Team Building. Sejak 5 tahun terakhir, R. Chandra secara aktif telah memberikan berbagai pelatihan di bidang HR, baik secara individual maupun melalui perusahaan yang berkaitan dengan materi-materi tersebut.

Investment Fee:
Rp 2.750.000 /peserta