COMPETENCY-BASED JOB EVALUATION

MENARA KADIN LEARNING CENTER

Presents a Two Day Practical Training
COMPETENCY-BASED JOB EVALUATION

08-09 Maret 2011
Menara Kadin, Lt 24 Jakarta
Rp. 3.000.000,-
Trainer: Rilzan Chandra

BACKGROUND
Melaksanakan aktifitas Job Evaluation adalah salah satu tanggungjawab praktisi SDM di organisasi. Sejak mulai diterapkan lebih dari 60 tahun yang lalu, metode Job Evaluation telah berkembang sedemikian rupa sehingga mendapatkan formatnya seperti saat ini yakni melalui pendekatan berbasis kompetensi (competency-based).
Fungsi Job Evaluation juga telah berkembang sehingga tidak lagi hanya digunakan untuk menyusun Sistem Penggajian (Remuneration System) namun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan implementasi berbagai sistem manajemen SDM seperti Career Planning, Performance Evaluation dan Training & Development.
Perkembangan metode Job Evaluation ini telah sangat bervariasi dengan munculnya upaya banyak konsultan untuk menyusun metode Job Evaluation yang baku dengan formulanya masing-masing, baik yang didasarkan pada kompetensi maupun bukan yang telah digunakan secara meluas di masyarakat.
Competency-based Job Evaluation adalah bentuk mutakhir dari metode Job Evaluation yang menggunakan kompetensi sebagai faktor penilaian jabatan (Job Factor). Melalui pendekatan ini seluruh persyaratan kompetensi dianggap telah merepresentasi bobot dan nilai dari suatu jabatan. Konsekuensinya, apabila organisasi belum merumuskan standar kompetensi jabatan yang baku maka program Job Evaluation percuma untuk dilaksanakan, oleh karena informasi mengenai persyaratan kompetensi masing-masing jabatan tidak terbarui (updated).
Namun bila organisasi telah memiliki standar kompetensi tersebut, maka Competency-based Job Evaluation akan sangat mudah dan efisien untuk dilaksanakan. Bagi organisasi yang tidak menginginkan metode Job Evaluation yang datang dari konsultan, metode ini akan sangat efisien serta sekaligus dapat menunjukkan nilai kontribusi setiap jabatan terhadap pencapaian sasaran unit kerja masing-masing dan lebih jauh lagi terhadap sasaran organisasinya. Dengan kata lain, Competency-based Job Evaluation akan memastikan tercapainya “strategic alignment” antara peran SDM di satu sisi dengan strategi dan sasaran organisasi di sisi lain.

SASARAN

• Memahami “strategic alignment” antara penetapan nilai jabatan (job value) dengan pencapaian sasaran strategik organisasi.
• Memahami tentang standar kompetensi jabatan (SKJ) serta proses perumusan SKJ dengan metode Strategic Competency Profiling
• Memahami dan mampu menetapkan faktor-faktor penilaian jabatan (Job Factor)
• Memahami dan mampu menyusun Pedoman Penilaian Jabatan (Job Evaluation Guide)
• Memahami dan mampu melaksanakan Evaluasi Jabatan sesuai Pedoman Penilaian Jabatan

OUTLINE
• Strategic Competency-based Human Resource Management ®
• Strategic Competency Profiling dan Job Evaluation
• Berbagai Praktik Metode Job Evaluation
• Penetapan Job Factor
• Aplikasi Job Evaluation (Skill Practice)

FASILITATOR
R. Chandra – telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. Sebagai praktisi, R. Chandra memulai karirnya sebagai Asisten Manajer Personalia di sebuah perusahaan BUMN sampai terakhir menduduki posisi jabatan Business Development Director di sebuah perusahaan multinasional yang di bidang edukasi. Sebagai konsultan, R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional. Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection Interview, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya.
R. Chandra telah menjadi Project Leader di berbagai proyek di BUMN, swasta nasional, maupun multinasional, untuk program-program seperti Assessment Center, penyusunan HR Blueprint, Job Evaluation & Remuneration System, Competency-based HR Management System, Career Planning, Performance Management, Competency Profiling, Capacity Planning, HR Management Audit, dan Team Building. Sejak 5 tahun terakhir, R. Chandra secara aktif telah memberikan berbagai pelatihan di bidang HR, baik secara individual maupun melalui perusahaan yang berkaitan dengan materi-materi tersebut.

Investment Fee:

Rp 3.000.000 /peserta