BUILDING STRATEGIC PERFORMANCE MANAGEMENT

MENARA KADIN LEARNING CENTER
Presents a Two Day Practical Training

BUILDING
STRATEGIC PERFORMANCE MANAGEMENT
(Using 3rd Generation of balanced scoracerd)

23-24 Februari 2010
Menara Kadin, Lt 24 Jakarta
Investment Fee : Rp 3.000.000 /peserta
Trainer: Syahmuharnis

Kebanyakan sistem manajemen kinerja gagal menghasilkan kinerja organisasi yang tinggi. Juga gagal menyelaraskan kinerja organisasi dengan kinerja unit kerja dan individu. Era telah berubah. Sistem manajemen kinerja tradisional tak mampu lagi menjawab tantangan. Untuk sukses, perusahaan harus menerapkan “Strategic Performance Management” . Bagaimana implementasinya?
Temukan jawabannya dalam workshop ini !

Semua perusahaan mengaku punya sistem manajemen kinerja. Seharusnya memang demikian. Tetapi, banyak persoalan yang muncul dengan sistem manajemen kinerja tradisional tersebut. Perencanaan kinerja, misalnya, lebih banyak disusun dari level individu. Kadang-kadang sekali perencanaan kinerja disusun dari level unit kerja, baru diturunkan ke level individu. Akibatnya, keberhasilan pencapaian kinerja level individu atau unit tidak selalu diikuti oleh keberhasilan pencapaian kinerja korporat. Dan, sangat sering terjadi, muncul kejanggalan ketika di akhir tahun, ada unit yang meminta bonus karena kinerja unitnya tinggi padahal kinerja perusahaan menurun. Masih banyak permasalahan lain yang muncul ketika cara lama ini dipertahankan. Semuanya bersumber dari tidak adanya kejelasan hubungan antara sasaran strategis perusahaan dengan sistem manajemen kinerja.

Pertanyaannya, untuk apa sebuah sistem manajemen kinerja ada dan diperlukan? Jelas untuk bisa mewujudkan visi, misi, nilai-nilai, dan strategi organisasi. Sebuah sistem manajemen kinerja seyogyanya dibangun sebagai penjabaran dari visi, misi, nilai-nilai, dan strategi organisasi. Ia harus menjadi bagian integral dari upaya mengeksekusi strategi perusahaan. Apakah perusahaan Anda telah menerapkan Balanced Scorecard atau belum, sistem manajemen kinerja strategis hanya bisa dibangun menggunakan metodologi Balanced Scorecard. Metode ini, bila diterapkan dengan benar, akan menghasilkan penyelarasan strategi secara total (total strategic alignment) sebagai alat untuk menjamin terwujudnya target kinerja perusahaan secara efektif.

Apa kehebatan sistem manajemen kinerja strategis berbasis Balanced Scorecard? Ia mampu menajamkan ulang strategi perusahaan dan membuatnya menjadi lebih operasional. Strategi korporat itu menjadi dasar dalam manajemen kinerja organisasi, yang diturunkan dari level pimpinan puncak ke level yang lebih rendah, termasuk individu karyawan. Penurunan strategi korporat ke unit lebih kecil akan memberikan kejelasan bagaimana unit

atau individu berkontribusi dalam mewujudkan strategi korporat tersebut. Menggunakan metode Balanced Scorecard termutakhir (3rd Generation), pembangunan “Strategic Performance Management” akan bisa dilakukan dengan sukses, termasuk menghubungkannya dengan program/kegiatan sebagai inisiatif strategis dalam mewujudkan target kinerja.

Workshop ini membantu peserta untuk bisa menyusun Peta Strategi dan KPI yang selaras dari level tertinggi ke level lebih rendah serta mewujudkan “Strategic Performance Management” sehingga menjadi organisasi berkinerja tinggi secara berkelanjutan.

Target Peserta
Workshop ini dirancang bagi eksekutif, manajer, dan staf kunci di berbagai bidang yang berhubungan dengan pengelolaan kinerja organisasi, unit, dan individu karyawan.

Outline
• Performance Management Cycle
• Why performance management fails?
• Vision, mission, and business strategy
• Understanding Balanced Scorecard and its Evolution
• Framework of strategic performance management using BSC
• Understanding organization’s value creating chain to achieve vision, mission & strategy
• Practical approach to compose Corporate Strategy Map
• Cascading corporate Strategy Map to functional unit’ Strategy Map
• Creating corporate KPIs and cascading to lower level, including individual
• Linking strategic initiative with KPI and evaluating its effectiveness
• Measuring efficiency and effectiveness of program/activity
• Evaluating & validating business strategy

Workshop Leader
Strategic Performance Management Group of MKI
Guest speaker Executive of Cognos: Strategic Planning Software & Performance Dashboard Demo