Wow! Ada Social Media Channel di Rekrutmen NASA

NASA (National Aeronautics and Space Administration) saat ini tengah disibukkan dengan program rekrutmen astronot. Di separuh perjalanan program rekrutmen tersebut yang akan berakhir pada 27 Januari tahun depan, peminatnya sudah mencapai 1.500 kandidat, di mana di akhir program paling hanya 10 calon saja yang akan direkrut.

Seperti diakui Lynnette Madison, NASA’s Office of Communications and Public Affairs di situs ere.net, pihaknya sangat terkejut dengan respon yang diterimanya. Ini terasa spesial, lanjut Lynnette, karena melamar pekerjaan di situs pemerintahan terbilang sangat rumit.

Sementara itu Astronaut Candidate Selection Manager Duane Ross mengatakan pihak NASA kini memiliki banyak  kandidat yang bisa diambil. “Tentu konsekuensi bisa berupa skenario good-news, bad-news di mana kami bisa mengambil orang-orang hebat. Ini menunjukkan pekerjaan yang sangat kompetitif,” imbuhnya.

Di kelas sebelumnya pada 2009, dari 3.565 aplikasi yang masuk, ditemukan yang memiliki kualifikasi dasar sebanyal 2.900, di mana 113 kandidat dibawa ke Houston, 48 orang terpilih sebagai finalis, dan hanya 9 orang yang akhirnya masuk program. Ross menyebut, dengan munculnya social media, iklan NASA dilihat oleh banyak orang dengan respon umpan balik yang sangat cepat.

Sekadar informasi, program rekrutmen NASA kali ini telah memanfaatkan berbagai channel baik yang konvensional seperti mendatangi universitas-universitas, memasang advertising di radio maupun TV atau melibatkan kantor cabang militer. Dan tentu saja saat ini makin lengkap dengan memanfaatkan channel social media seperti Twitter, blog dan Facebook. Akun Twitter NASA sendiri yang beralamat di @NASA_Astronauts kini diikuti oleh 121.755.

 

Tags: ,