Sektor Publik Gagal Siapkan Kandidat Internal

Saat ini perusahaan-perusahaan sektor publik tengah mengalami kekurangan tenaga ahli. Ha ini disebabkan antara lain oleh sistem yang tidak menyiapkan kandidat-kandidat internal untuk mengisi posisi-posisi yang membutuhkan tenaga terampil.

Penasihat hubungan karyawan pada CIPD, Inggris Mike Emmot kepada Personnel Today mengaku tidak terkejut dengan hasil survei yang menyatakan bahwa 80% organisasi sektor publik percaya jika kelangkaan skill di pihak mereka sebaiknya diisi oleh tenaga-tenaga dari swasta.

Tak kurang 300 organisasi sektor publik telah disurvei oleh lembaga rekrutmen Hays, dan ditemukan bahwa lebih dari separo mengaku concern mengenai minimnya keterampilan manajemen di sektor mereka.

Dan, 61% percaya bahwa kandidat dari sektor swasta akan mampu membawa “commercial expertise” jika bergabung dengan mereka. “Dalam satu dekade terakhir ini sektor publik telah memiliki kesadaran akan profesionalisme,” ujar Emmot. “Dalam jangka pendek ini berarti mereka akan mencari orang dari sektor swasta yang memiliki kualifikasi-kualifikasi profesional,” tambah dia.

Bagi Emmot, tidaklah mengherankan jika mereka kini mencari kandidat dari sektor swasta. “Bukan berarti orang-orang di sektor publik tidak berkualitas, melainkan ini menandakan bahwa sistem internal mereka selama ini tidak menghasilkan kandidat yang sesuai untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu,” jelas dia.

Direktur HR dan Pengembangan Organisasi pada Somerset County Council Richard Crouch menyoroti, succession planning untuk pos-pos tertentu dalam pelayanan sosial memang selalu mengalami kesulitan. Akibatnya, mereka merekrut tenaga-tenaga dari industri.
“Mereka mengambil orang-orang yang memiliki keterampilan yang lebih terfokus pada bisnis dengan tujuan efisiensi dan proses re-engineering,” papar dia.

Lintas Sektor

Survei juga menemukan bahwa banyak pekerja yang siap lintas sektor, dengan hampir dua-pertiga pemimpin organisasi yang mengakui bahwa kini banyak aplikasi yang masuk dari orang-orang swasta.

Manajer Personalia pada Kent County Council, sebuah departemen pelayanan sosial untuk orang dewasa, Julie Cudmore mengamini adanya peningkatan aplikasi (dari tenaga-tenaga sektor swasta) tersebut.

“Sektor publik kini telah dianggap makin stabil, dan itu penting bagi orang-orang yang memang memiliki kecenderungan mencari kepuasa kerja dan kesimbangan yang lebih besar antara rumah dan kantor, bukan sekedar gaji,” ungkap dia.